Warga BS Diminta Waspada DBD, Kondisi Cuaca Tak Menentu

Warga BS Diminta Waspada DBD, Kondisi Cuaca Tak Menentu

Kegiatan Fogging/Pengasapan Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) oleh Seksi Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan di Desa Tungkal II, Kecamatan Pino Raya--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id,  – Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) BENGKULU SELATAN minta masyarakat Kota Manna BENGKULU SELATAN agar lebih waspada terhadap ancaman demam berdarah dengue (DBD), di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini. 

 

BACA JUGA:Bangun Rumah Warga Palak Siring Kedurang BS, Danramil 408-05 Manna Kerahkan Anggota

BACA JUGA:Konsultasi Publik Penentuan Arah Kebijakan Pembangunan, Agar Terencana

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan, Didi Ruslan M.Si menjelaskan, penyakit DBD gampang menyerang karena cuaca tidak dalam keadaan baik-baik. Peningkatan penyakit rentan ditengarai akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Untuk itu, masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai penyakit khususnya DBD.

 

"Cuaca tidak menentu, hujan panas menyebabkan timbulnya penampungan air bila dibiarkan maka banyak jentik nyamuk, serta sampah bekas botol plastik/ kaca, daun yang lebar dan menjadi tempat nyamuk, sehingga masyarakat merasakan nyamuk di sekitar tempat tinggal menjadi banyak,"ungkap Didi Ruslan.

 

Warga mesti mengenali gejala DBD. Antara lain, demam tinggi, kaki dingin, kadar trombosit di bawah 100 ribu, terdapat peningkatan hematokrit dan DSS yang berarti penderita mengalami kebocoran plasma, serta penderita dinyatakan positif demam berdarah (DB) berdasarkan tes laboratorium.

 

Ia juga mengajak untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, makan sesuai kemampuan, tidak stres, jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan rumah.

 

Sumber: