OPD Bengkulu Selatan Gelar Bimtek LKJLP

OPD Bengkulu Selatan Gelar Bimtek LKJLP

Bagian Ortala Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Kinerja (LKJ) Perangkat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan--

 

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma.Disway.Id - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan, dalam hal ini bagian Ortala menggelar Bimtek Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjlP) Perangkat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan diikuti Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, DPPKBP3A.

BACA JUGA:Telan Rp 8 M, Jalan Desa Sebilo Dibangun

 

 

Kabag Ortala Pemkab Bengkulu Selatan, Suwito MM menuturkan, bahwa Bimtek Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (2023/2024 bagi sebuah instansi pemerintah, sangat penting untuk memahami bagaimana sistematika penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) yang benar. Hal ini lantaran LKjIP merupakan dokumen pelaporan wajib yang berfungsi sebagai indikator akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

BACA JUGA:Demi Kesehatan Anak, Bupati Bengkulu Selatan Dukung Imunisasi

 

"Apabila dokumen LKjIP tidak disampaikan dengan benar, maka akan sangat mempengaruhi sistem kinerja dari instansi pemerintah, untuk Itu kami Lembaga Informasi keuangan dan Pembangunan daerah Menyelenggarakan Bimtek Bimtek Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) 2023/2024 sebagai indikator oenting dalam mengukur kinerja instansi pemerintah,"ungkap Suwito pada Senin (11/12/2023).

 

 

Suwito menuturkan bahwa bagian dari Bimtek berisi tentang penjelasan umum organisasi, penekanan kepada aspek strategis organisasi serta permasalahan utama  yang sedang dihadapi organisasi. Selain itu juga berisi tentang dasar hukum dan sistematika, uraian terkait capaian kinerja organisasi dan realisasi anggara. "Evaluasi harus berfokus pada perencanaan yang telah disusun. Penguraian faktor keberhasilan dan kegagalan dalam mencapai target yang telah ditentutkan berfokus pada hasil dan rencana aksi yang telah disusun,"ujar Suwito. Oleh karena itu, bagi sebuah instansi pemerintah, sangat penting untuk memahami bagaimana sistematika penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah yang benar. "Dengan bimtek ini agar diikuti secara serius agar ilmu didapat dapat memudakan pelaporan,"pungkas Suwito.(yes)

 

Sumber: