Dindang Arts Attraction, Angkat Seni Budaya Seluma

Dindang Arts Attraction, Angkat Seni Budaya Seluma

Pagelaran seni budaya seluma--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.id, - Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto beserta istri Dwi Halida  menghadiri acara Dindang Arts Attraction "Andun Beghundak" yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Keluarga Serawai Seluma, di Taman alun-alun Kelurahan Pasar Tais. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Seluma, Asisten, staf ahli, ketua BMA, tokoh masyarakat, dan lainnya. 

 

BACA JUGA: Panitia Natal Oikumene Bengkulu, Aksi Sosial di Talang Sebaris Seluma

BACA JUGA:Komandan Israel Nimrod Aloni Ditangkap Pasukan Hamas, Ternyata Ini Sosok Nimrod Aloni yang Ditangkap!

 

Ketua panitia pelaksana kegiatan ini Juraidi Azan mengungkapkan konsep awal dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan seni dan budaya Seluma dalam bentuk yang lebih modern lagi. Sehingga memiliki daya jual yang mampu diangkat ke kanca nasional. "Andun Beghundak ini kita rancang agar dapat menjadi wadah mengenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Seluma. Selain itu kita berharap dengan konsep yang lebih elegan Bedindang ini dapat sejajar dengan seni budaya lainnya yaitu wayang kulit," kata Juraidi Azan, kemarin (7/12).

 

Dengan konsep yang lebih modern lagi dirinya berharap ada banyak generasi muda yang ikut serta melestarikan seni dan budaya yaitu bedindang atau yang lebih familiar dengan sebutan sarapal anam. Dan pada akhirnya nanti ada banyak regenerasi yang akan melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Seluma. "Kita ingin merubah mindset bahwa bedindang ini acara yang sakral. Kita berharap ini bisa menarik minat generasi muda dan selanjutnya dapat melestarikan seni dan budaya ini," tutupnya.

 

Sementara itu Wabup Seluma Drs Gustianto menyampaikan perlu diketahui bersama, kegiatan Pegelaran Seni Dendang Arts Attraction Andun Beghundak di Bumi Serawai Seijoan untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam merangkum events yang berbasis adat, seni budaya, kuliner, atraksi, destinasi pariwisata, dan kerajinan asli Serawai.(adt)

 

BACA JUGA:PT Jakarta Perberat Hukuman Lukas Enembe, Jadi 10 Tahun

BACA JUGA:Permintaan Maaf Lion Air atas Keterlambatan Penerbangan Nomor JT-897 Rute Ternate – Makassar

Sumber: