Debitur dan Oknum Jual Beli Motor Dipidana, Pinjam Nama Kredit

  Debitur dan Oknum Jual Beli Motor Dipidana, Pinjam Nama Kredit

FIF Gruo[ laporkan pemalsuan identitas--

 

Tasikmalaya, Radar Seluma.Disway.Id,  – Membagikan identitas diri kepada orang tidak bertanggung jawab merupakan sebuah risiko yang patut diwaspadai oleh masyarakat.

Bagaimana tidak, hanya dengan iming-iming imbalan yang tidak seberapa, sejumlah oknum rela memberikan identitas dirinya kepada pihak tidak bertanggung jawab hanya untuk pengajuan kredit dengan modus pinjam nama. 

BACA JUGA:Senin 4 Desember 2023, Sertijab 4 Perwira Polres Seluma

BACA JUGA: Pembunuh Adik Kandung, Divonis 7 Tahun Penjara

Seperti yang dilaporkan oleh FIFGROUP Cabang Tasikmalaya kepada Polresta Tasikmalaya terhadap salah satu debiturnya yang berinisial SDN bersama dengan seorang oknum jual beli motor yang menjadi objek jaminan fidusia berinisial IYN. 

Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Tasikmalaya melalui berkas perkara 327/Pid.Sus/2023/PN Tsm, SDN terbukti bersalah melakukan tindak pidana Turut serta melakukan dengan sengaja memberikan keterangan secara menyesatkan yang jika hal tersebut diketahui oleh salah satu pihak tidak melahirkan perjanjian jaminan fidusia. Atas tindakan tersebut, SDN sebagai terdakwa harus mendekam di balik jeruji besi selama 1 (satu) tahun dan membayar denda sebesar Rp10 juta.

 

Melalui penyelidikan yang dilakukan, SDN mengakui hal ini berawal dari iming-iming imbalan sebesar Rp2,5 juta yang ditawarkan oleh IYN kepada SDN untuk identitasnya digunakan pada pengajuan kredit motor di FIFGROUP Cabang Tasikmalaya. Tergiur dengan imbalan yang ditawarkan, SDN akhirnya merelakan identitasnya untuk digunakan sebagai pengajuan kredit sepeda motor Honda tipe Vario 125. 

 

Pada proses pengajuan yang dilakukan, SDN mengaku bahwa unit diajukan untuk dirinya, sehingga hal ini yang dianggap oleh Jaksa Penuntut Umum dan Hakim PN Tasikmalaya sebagai tindakan dalam memberikan keterangan secara menyesatkan.

 

BACA JUGA:Perusahaan Otomotif Prancis Liris Mobil Sport Super Tercepat Jenis Bugatti Chiron dengan Teknologi Terdepan

 

Sumber: