Fungsi Vital ECU untuk Mesin Motor! Ternyata Ecu Sebagai Otak Motor

Fungsi Vital ECU untuk Mesin Motor! Ternyata Ecu Sebagai Otak Motor

fungsi ecu motor--

 

 

 

radarseluma.disway.id - Engine Control Unit (ECU) adalah komponen inti yang memegang peran krusial dalam pengoperasian mesin pada sepeda motor modern. ECU tidak sekadar menjadi otak mesin, Ecu juga bertanggung jawab atas berbagai aspek kinerja yang mempengaruhi efisiensi, daya, dan responsivitas mesin.

 

Dikutip dari laman Suzuki, ECU motor merupakan sebuah alat yang menjadi sistem pengatur dan pengontrol komponen-komponen pada kendaraan. Pada intinya alat ini merupakan otak dari segala macam kegiatan yang berlangsung pada sepeda motor.

 

Pengaturan Bahan Bakar dan Udara

Salah satu fungsi utama ECU adalah mengatur perbandingan bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin. Ini dilakukan melalui kontrol injector untuk menyemprotkan bahan bakar dalam jumlah yang tepat dan mengontrol katup udara agar memastikan campuran udara dan bahan bakar yang optimal.

 

 Pengendalian Pengapian

Pengapian adalah kunci bagi pembakaran yang efisien dalam mesin. ECU menentukan timing dan urutan pengapian busi secara tepat, yang berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan dan efisiensi bahan bakar.

 

Pemantauan Sistem Emisi

Sumber: