Harga Cabai di Seluma Naik Rp100/Kg, Ayam Potong di Seluma Turun Rp25/Kg

Harga Cabai di Seluma Naik Rp100/Kg, Ayam Potong di Seluma Turun Rp25/Kg

Harga Cabai Naik--

PEMATANG AUR - Harga cabai merah keriting di sejumlah pasar di Kabupaten Seluma mulai mengalami kenaikan harga. Sebelumnya Rp80 ribu per Kilogram sekarang sudah ada yang jual Rp100 ribu per Kilogram. Selain itu harga daging ayam potong justru mengalami penurunan di angka Rp25 ribu hingga Rp27 ribu per Kilogram. Yang sebelumnya bisa mencapai Rp35 ribu per Kilogram.

BACA JUGA:Bugatti La Voiture Noire Prestasi Mewah dengan Sistem Pengendalian Otomatis, Fitur Terbaru Kecepatan Tinggi

 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Seluma H Wanharudin melalui Kepala Bidang Industri Riswan mengungkapkan bahwa pada Jumat (24/11) lalu harga daging ayam potong mulai mengalami penurunan yaitu Rp27 per Kilogram. "Iya, untuk daging ayam potong mengalami penurunan. Kalau Jumat kemarin kita cek harganya masih Rp27 per Kilogram. Sekarang sudah turun di harga Rp25 ribu per Kilogram," kata Riswan, kemarin (26/11).

Kemudian disampaikannya juga hasil pendataan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Seluma pada hari Jumat harga cabai belum mengalami kenaikan. "Kalau cabai hari Jumat itu masih Rp70 ribu sampai Rp80 per Kilogram. Tadi (kemarin) juga di pasar Sukaraja masih ada pedagang yang menjual di harga Rp80 ribu per Kilogram. Besok (hari ini) kita akan pantau lagi kenaikan harga bahan pokok di pasaran," sambungnya.

Salah satu penyebab mahalnya harga cabai karena penurunan produksi, dampak adanya kemarau panjang atau El Nino. Kemudian turunnya produksi cabai oleh petani juga disinyalir menjadi penyebab naiknya harga cabai di pasaran. Namun demikian dipastikan saat ini stok cabai yang ada di Kabupaten Seluma masih cukup.

BACA JUGA:Otomotif Bugatti Veyron Keindahan, Kecepatan dan Teknologi Canggih yang Mengagumkan

 

Untuk daging ayam potong yang mengalami penurunan harga adapun disinyalir akibat melimpahnya pasokan ayam, terutama dari perusahaan-perusahaan besar. Kemudian juga informasinya peternak ayam potong saat ini serentak panen sehingga menyebabkan meningkatnya pasokan ayam potong. Tentu ini berdampak dengan penurunan harga jual di pasaran.(adt)

 

Sumber: