Duta Genre Bengkulu Selatan Jadi Agen Perubahan Remaja

Duta Genre Bengkulu Selatan Jadi Agen Perubahan Remaja

Pemilihan duta genre BS--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id- Pemilihan duta Generasi berencana (Genre) di BENGKULU SELATAN dilaksanakan di Gedung Pemuda, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) BENGKULU SELATAN sangat mengapresiasi.

Ada harapan semakin banyak agen perubahan Genre dapat memberi pengaruh positif bagi remaja menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga dapat menciptakan keluarga sejahtera. 

BACA JUGA:Mengemuka di Pasar Otomotif Lamborghini dan Tren Hibrida di Mobil Sport Mewah

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab BS, Aswan SH menuturkan saat penganugerahan finalis duta Genre tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Gedung Pemuda Manna menyampaikan pemilihan duta generasi berencana adalah positif salah satu upaya untuk mencetak remaja-remaja yang memiliki pengetahuan tentang berkeluarga, kesehatan remaja dan life skills serta menjadi role-model remaja sekitar yang mengkampanyekan tiga ancaman remaja yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan Napza.

 

"Kegiatan ini tidak hanya untuk mencari duta Genre namun yang diharapkan yang terbaik, tapi juga memupuk budaya kompetisi yang sehat dan berkualitas, memunculkan kepedulian remaja terhadap kondisi kependudukan baik itu kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi, dan lingkungan sehingga muncul kepedulian generasi muda yang saling berkolaborasi dan berintegrasi dalam mengkampanyekan penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Bengkulu Selatan,"gumam Aswan.

 

Sementara itu,  ketua PKK Bengkulu Selatan, Nurmalena Gusnan menyebut program Genre telah tertuang dalam undang-undang nomor 52 tahun 2009, dalam rangka mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang, salah satunya melalui kegiatan pembinaan ketahanan remaja.

 

"Sebagai calon pasangan suami-istri perlu pengetahuan dan pemahaman dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak reproduksinya secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, pendewasaan usia perkawinan dengan kampanye usia ideal menikah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki menjadi salah satu substansi dalam pembinaan ketahanan remaja,"pungkas Nurmalena.

BACA JUGA:Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah, Bank Muamalat Kolaborasi dengan Unisba

Sekedar untuk diketahui para juara berhasil menjadi duta Genre di Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2023 adalah juara 1 putra Hidayat Nur Hijrah SMAN 1 BS, juara 1 putri yakni Khusnul Khotima SMAN 1 BS, juara 2 putra yakni Ahmad Azisman Efendi Pratama SMAN 1 BS, 2 putri Farah Raihanah Fauziyyah SMAN 1 BS, juara 3 putra Varel Janhadji SMAN 2 BS, juara 3 putri Tiara Anisa Puspita Sari SMAN 1 BS. Untuk kategoti favorit putra yakni Ramadhan Putra Oktavian SMAN 1 BS, kategori faforit putri Dzakiyyah Nur Alifia dari SMAN 2 BS.(yes)

Sumber: