Ini Alasan Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi Mudah Tersebar!

Ini Alasan Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi Mudah Tersebar!

Kondisi kandang sapi harus diperhatikan--

 

radarseluma.disway.id - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi merupakan ancaman serius dalam industri peternakan. Salah satu penyebab utama mudahnya penyebaran PMK adalah virus Foot and Mouth Disease (FMD), yang dapat dengan cepat menyebar dari satu hewan ke hewan lainnya.

 

Virus FMD dapat berpindah melalui kontak langsung antara sapi yang terinfeksi. Selain itu, penyebaran virus juga dapat terjadi melalui perantara, seperti manusia, kendaraan, peralatan peternakan, dan bahkan udara yang membawa droplet saliva terinfeksi. Oleh karena itu, praktik kebersihan yang kurang dan kurangnya pengelolaan sanitasi dalam peternakan dapat meningkatkan risiko penularan.

 

 

BACA JUGA:Penyakit Kuku pada Sapi, Berikut Cara Pengobatannya!

BACA JUGA:Penyebab Penyakit PMK pada Ternak Sapi! Peternak Sapi Wajib Tahu

 

 

Faktor lain yang memengaruhi kecepatan penyebaran PMK termasuk kepadatan populasi sapi. Semakin tinggi kepadatan populasi, semakin mudah virus menyebar di antara hewan. Manajemen peternakan yang tidak memadai, seperti kurangnya pemisahan hewan yang terinfeksi, juga dapat mempercepat penularan penyakit.

 

Penting untuk mencatat bahwa kecepatan penyebaran PMK juga dipengaruhi oleh kebijakan biosekuriti yang diterapkan di peternakan. Biosekuriti melibatkan langkah-langkah pencegahan, seperti penggunaan perlengkapan pelindung, desinfeksi peralatan, dan pembatasan akses yang dapat membantu mengendalikan penyebaran penyakit.

 

Sumber: