Kisah Muawiyah Khalifah Pertama Bani Umayyah

 Kisah Muawiyah Khalifah Pertama Bani Umayyah

Kajian Islam Radar Seluma--

 

Kajian Islam. Radar Seluma.Disway.Id - Berdirinya kekhalifahan Bani Umayyah berawal mundurnya Hasan bin Ali bin Abi Thalib yang juga cucu Nabi Muhammad Rasulullah SAW dari kekuasaan nya yang mana Hasan bin Ali bin Abi Thalib menggantikan Ayahnya Ali bin Abi Thalib merupakan Khalifah Rasidin terakhir.

 

BACA JUGA:Pemilik Motor Wajib Tahu! Ini Dampak dan Cara Mengatasi Masalah Oli yang Naik ke Bagian Mesin

BACA JUGA:Bugatti Eksklusivitas Kemewahan, Paling Populer Membuat Para Jutawan Geleng-geleng!

 

Bani Umayyah merupakan kekhalifahan Islam pertama setelah Khulafaur Rasyidin (kekhalifahan para sahabat nabi) atau kekhalifahan kedua setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

 

Adapun yang menjadi Khalifah pertama Bani Umayyah adalah Muawiyah bin Abu Sufyan yang merupakan pendiri kekhalifahan Bani Umayyah

Bani Umayyah berkuasa dari tahun 661 hingga 750 Masehi yang menguasai wilayah Jazirah Arab dan sekitarnya.

 

Muawiyah bin Abi Sufyan lahir di Khif, Mina 15 tahun sebelum tahun Hijriah dan masuk Islam saat Umat Islam menaklukan Kota Mekkah

 

Sebelum menjadi Khalifah dan mendirikan Bani Umayyah Muawiyah merupakan seorang Gubernur di beberapa di wilayah Syam saat Khalifah Umar bin Khattab menjadi Khalifah Rasidin dan juga merupakan salah satu penulis Wahyu Rasulullah SAW dan juga ikut berperang melawan para Murtat yang meninggalkan Agama Islam bersama-sama dengan saudara dan ayahnya melawan musuh-musuh Allah dan Agama Islam.

Sumber: