Sudah Akhir Tahun, 20 Desa di Seluma Belum Cairkan DD

Sudah Akhir Tahun, 20 Desa di Seluma Belum Cairkan DD

Pengajuan DD--

 

 

PEMATANG AUR - Dari 182 desa di Kabupaten Seluma, saat ini sebanyak 20 desa lagi belum melakukan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga atau tahap akhir untuk tahun 2023. Padahal sebentar lagi sudah memasuki akhir tahun dan dikhawatirkan penyelesaian kegiatan fisik atau bangunan mengalami keterlambatan. 

Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Seluma, Sumiati melalui Kamedi mengatakan desa yang sudah mengajukan pencairan dan persyaratannya sudah lengkap maka akan langsung diproses pencairannya. Sehingga bisa digunakan untuk pembangunan yang ada di desa. "Saat ini untuk DD tahap tiga ada 20 desa lagi yang belum," kata Kamedi, kemarin. 

BACA JUGA: Hingga Hari Terakhir Bawaslu Seluma Tak Terima Pengajuan Sengketa DCT

BACA JUGA:Siswa SDN 16 Seluma Melaju ke FTBI Nasional

 

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk untuk DD tahap ketiga ini akan dikucurkan sebesar 20 persen dari pagu anggaran DD sebesar Rp147 miliar. Karena DD disalurkan tiga tahap ke rekening desa. Tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. "Saat ini pencairan DD tahap terakhir ke seluruh desa penerima. Untuk desa yang belum mengajukan kami harap segera memasukkan pengajuan. Sehingga DD bisa diproses serta desa tidak terlambat dalam melakukan realisasi anggaran," pungkasnya.

Dijelaskan, BKD terus maksimal memberikan pelayanan terhadap pemerintah desa. Namun tetap harus ada proses dan tahapan yang harus dilewati terlebih lagi DD ini bersumber dari pusat langsung yang mana proses pengajuannya melalui KPPN.(adt) 

Sumber: