Melalui ANBK, Diharapkan Bisa Dorong Transformasi Pendidikan di Seluma

Melalui ANBK, Diharapkan Bisa Dorong Transformasi Pendidikan di Seluma

Sigit Kasi Kurikulum SD Dinkas Seluma--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus memperkuat implementasi berbagai program prioritas untuk mewujudkan visi Merdeka Belajar yang telah ditetapkan pemerintah. Program prioritas tersebut di antaranya Asesmen Nasional, Rapor Pendidikan, dan Kurikulum Merdeka.

BACA JUGA: Manna Expo, Ayo Ikut Bergabung! Hanya 89 November 2023

BACA JUGA: Lakukan Pengancaman, Warga Lubuk Sirih Diamankan Polisi

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Farzian melalui Kasi Kurikulum SD Sigit Budiyanto menjelaskan Asesmen Nasional, Rapor Pendidikan, dan Kurikulum Merdeka merupakan rangkaian program yang saling terintegrasi dan tidak terpisahkan.

 

Melalui ketiga program tersebut diharapkan dapat mendorong proses transformasi sistem pendidikan untuk meningkatkan karakter dan kompetensi semua murid di Indonesia.

 

“Asesmen Nasional, Rapor Pendidikan, dan Kurikulum Merdeka merupakan motor penggerak bagi transformasi sistem pendidikan di Indonesia. Ketiganya merupakan program-program prioritas BSKAP Kemendikbudristek yang secara jangka panjang dapat melahirkan pembelajaran sepanjang hayat,” kata Sigit, kemarin. 

Menurutnya, ketiga program tersebut masing-masing memiliki peran penting dan saling terkait satu dengan yang lainnya. Asesmen Nasional memiliki peran untuk memotret kualitas proses, hasil belajar, dan lingkungan belajar. Hasil dari Asesmen Nasional dapat menjadi alat ukur yang lebih komprehensif dalam menilai akses, mutu, relevansi, dan tata kelola penyelenggaraan pendidikan.

BACA JUGA: Dinas Dukcapil Seluma Turun Ke Kuburan, Kades Diminta Proaktif Laporkan Warga Meninggal

BACA JUGA: Dibogem Adik Ipar, Pria Seluma Ini Lapor Polisi

 

Sumber: