Atasi Kekeringan Sawah, Distan Seluma Usulkan Sumur Bor!

 Atasi Kekeringan Sawah, Distan Seluma Usulkan Sumur Bor!

Kepala dinas pertanian seluma--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Dampak musim kemarau pada saat ini tak hanya berdampak kepada masyarakat saja, melainkan juga berdampak kepada para petani yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Musim kemarau panjang pada tahun 2023 sangat membuat kesulitan bagi para petani, bahkan mengancam ketersediaan pangan.

 

BACA JUGA:Pekan Ini, Hasil Audit 20 Dana Desa di Seluma Akan Diekspose

BACA JUGA: Gelaran Honda Bikers Day 2023, 28 Okotber 2023

 

Hal tersebut membuat Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma pada saat ini telah berencana untuk mengusulkan pengadaan sumur bor yang diperuntukkan bagi lahan pertanian. Mengingat kondisi lahan pertanian pada saat ini sudah banyak yang mengalami kekeringan.

 

"Untuk program sumur bor, dari program Kementerian belum membuat program. Akan tetapi kita kemarin sudah membaca situasi dan inovasi. Salah satunya untuk mengantisipasi kekurangan air dengan membuat pengairan lewat bawah tanah. Dengan satu cara membuat sumur bor," sampai Kepala Distan Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP MSi.

 

Arian juga mengatakan, berdasarkan catatan dari Distan Kabupaten Seluma. Setidaknya kurang lebih dua ratus hektar lahan pertanian sawah yang berada di wilayah Kabupaten Seluma, pada saat ini dipastikan akan mengalami gagal panen. Hal tersebut diakibatkan dampak musim kemarau panjang yang saat ini terjadi.

 

"Sudah kita bicarakan, mudah-mudahan kedepan terjadi hal serupa. Salah satunya kita harus mengangkat air dalam tanah," terangnya.

Sumber: