Pembangunan Sanimas di Seluma Berkaitan dengan Penurunan Stunting

Pembangunan Sanimas di Seluma Berkaitan dengan Penurunan Stunting

Pembangunan Sanimas di Seluma--

 

 

PEMATANG AUR - Kabupaten Seluma menerima bantuan untuk pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) tahun anggaran 2023 dari Pemerintah Pusat.

 

Program ini selain menyediakan akses sanitasi layak, memperkecil kasus penyakit akibat sanitasi buruk, ada hubungannya juga dengan penanganan stunting di Kabupaten Seluma yang saat ini mulai mengalami penurunan. 

BACA JUGA: Selama Oktober 2023, Sudah 18 Teroris Ditangkap Desus 88

 

Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto yang juga merupakan ketua Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Kabupaten Seluma mengatakan, pembangunan Sanimas ini dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman. 

 

Program Sanimas disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan aspek tenaga kerja, kondisi geografis, sosial, budaya dan ekonomi serta mempertahankan daya dukung dan keseimbangan lingkungan, dengan asas ‘Dari, Oleh, dan Untuk masyarakat’.

 

“Ini bertujuan untuk meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal Pemerintah berperan sebagai fasilitator yang mendampingi pemerintah Desa, BPD dan masyarakat desa secara partisipatif dan gotong royong,” kata Wabup, kemarin

 

Wabup juga membeberkan, pelaksanaan ini berada pada Kelurahan Puguk Kecamatan Seluma Utara. 

Sumber: