Mengenal CDBC dan Aset Kripto, Dua jenis Asset Digital

 Mengenal CDBC dan Aset Kripto, Dua jenis Asset Digital

CBDC--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id,  CBDC & aset kripto adalah dua jenis aset digital yang tentu memiliki perbedaan satu dengan lain.  Jika CBDC diawasi oleh bank sentral negara, dan sebagai bentuk lain dari mata uang fiat, sementara kripto bersifat terdesentralisasi.

 

Ketidaksamaan ini memiliki dampak langsung yang penting bagi sistem keuangan. CBDC dapat meningkatkan stabilitas moneter dan keamanan sistem keuangan, sedangkan aset kripto dapat meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas sistem pembayaran.

 

Meski berbeda, namun tetap ada faktor keterkaitan antara CBDC dengan aset kripto yakni keduanya menggunakan teknologi blockchain. Melalui teknologi blockchain memungkinkan kedua jenis uang digital ini dapat dicatat, didistribusikan dengan aman & transparan.

 

Tak hanya sampai di situ, CBDC dan aset kripto memiliki implikasi dan peran yang sama-sama penting dalam perkembangan ekonomi digital. Jika CBDC dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi-efektivitas sistem pembayaran, meningkatkan akses masyarakat (inklusif) terhadap layanan keuangan.

 

Sementara aset kripto, dapat mendorong inovasi teknologi keuangan, seperti transaksi pembayaran dalam dunia blockchain, misalnya untuk pembelian aset karya digital seperti NFT. 

 

Apakah Kamu Tertarik Untuk Investasi Pada aset kripto?

Jadi gimana? Sudah makin paham soal perbedaan serta persamaan CBDC & aset kripto kan? Bicara soal aset digital, bisa nih sebagai referensi Kamu untuk  menambah diversifikasi investasi, dengan mulai membeli aset digital. 

Sumber: