UMKM Harus Bisa Tumbuh dan Pasarkan Produk Sendiri

 UMKM Harus Bisa Tumbuh dan Pasarkan Produk Sendiri

Sekdis Perindagkop Bengkulu Selatan--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id,  - Kepala Dinas Perdagangan BENGKULU SELATAN, Binagransyah M.Si melalui Sekretaris Dinas Perdagangan, Nasrul Efendi M.Pd menyebut, perlu menumbuhkan dan mengembangkan Usaha Mikro dan Menengah (UMKM), pembinaan dan pelatihan bagi UMKM agar bergerak sangat penting. 

 

BACA JUGA:Ada Upaya Penghilangan Barang Bukti, Saat KPK Geledah Kementan, KPK Beri Peringatan

BACA JUGA:Lengkap Mengajukan KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan Hingga Rp50 Juta!

 

Baik pengolahan di bidang makanan atau usaha kerajinan lainya, terlebih dalam teknik pemasaran produk yang dihasilkan, dan bagaimana cara  membuat tampilan produk yang menarik, maupun cara pengemasan, sehingga produk dapat menarik minat pembeli.

 

"Untuk pemasaran produk dapat dibuat kelompok dari pelaku UMKM, sehingga nantinya pemasaran dapat dikelola oleh kelompok,"ungkap Nasrul Efendi.

 

Diakui Nasrul, adanya pembinaan pelaku UMKM semakin dapat mengembangkan usahanya, dan dapat menarik minat masyarakat lainnya untuk turut serta mengembangkan diri dan kehidupannya.

 

"Sebagai pelaku bisnis UMKM harus memiliki kemampuan dasar untuk menunjang peningkatan bisnisnya. Sebab kemampuan dasar setiap pelaku usaha berbeda-beda tergantung dari orangnya. Sebagai mana dengan cepat mengembangkan ide usahanya, tapi ada juga yang masih stagnan usahanya. Kemampuan ini yang perlu diasah agar makin tajam dalam berkreasi dan makin siap menghadapi tantangan era global,"ucap Nasrul.

Sumber: