Harga Beras Melambung, DKP Seluma Akan Gelar Operasi Pasar

 Harga Beras Melambung, DKP Seluma Akan Gelar Operasi Pasar

Kepala DKP Seluma--

 

PASAR TAIS, Radar Seluma.Disway.Id,  - Dengan kondisi musim kemarau yang saat ini terjadi, berdampak pada harga komoditas pangan. Yakni dengan melambungnya harga beras yang saat ini semakin meresahkan masyarakat di Kabupaten Seluma.

 

BACA JUGA: Fenomena El Nino dan Kemarau Belum Berakhir, Waspada Penyakit Ini!!!!!

BACA JUGA:Ketika Kemarau dan El Nino Ini Pasti Terjadi...Waspada!!!

 

Pasalnya, harga beras tertinggi pada saat ini mencapai harga Rp 24 ribu per cupak. Cupak sendiri adalah satuan pembelian beras dalam bentuk kaleng dengan kapasitas sekitar 1,6 kilogram yang sering digunakan dalam transaksi oleh masyarakat di Provinsi Bengkulu. Khususnya di wilayah Kabupaten Seluma. Sedangkan harga terendahnya berkisar mencapai Rp 19 ribu per cupaknya.

 

Menanggapi melonjaknya harga beras, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Seluma, Drs Amri, MPd saat dikonfirmasi Radar Seluma diruang kerjanya mengatakan, melonjaknya harga beras yang terjadi pada saat ini. Disebabkan lantaran daerah penghasil beras seperti, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Lampung mengalami gagal panen. Sehingga produksi beras menurun.

 

Adapun kegagalan panen tersebut terjadi akibat cuaca ekstrem. Dengan disertai fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) Positif yang menyebabkan kekeringan yang saat ini juga terjadi di wilayah Kabupaten Seluma.

 

"Memang dampak cuaca ekstrem membuat hasil produksi dari daerah-daerah penghasil menurun, walaupun di sejumalah kecamatan saat ini ada yang sedang panen. Namun ada juga yang gagal panen akibat sawah mengering," sampai Amri.

 

Sumber: