Gempa Bumi Dahsyat Terjadi di Chili: Ingatkan Dunia Akan Bahayanya Alam

Gempa Bumi Dahsyat Terjadi di Chili: Ingatkan Dunia Akan Bahayanya Alam

gempa di palu--

 

 

 

Santiago, Chili - Dunia baru-baru ini diingatkan akan bahayanya alam ketika gempa bumi paling dahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah modern melanda Chili pada tanggal 22 Mei 1960. Gempa ini mengguncang negara ini dengan magnitudo 9,5 dan mengirimkan gelombang tsunami yang mengerikan melanda pantai-pantai di berbagai belahan dunia.

 

Gempa Bumi Valdivia, demikian namanya, menyebabkan kerusakan besar-besaran dan menelan ribuan korban jiwa. Inilah sejumlah informasi penting terkait gempa bumi ini:

 

1. Magnitudo 9,5: Gempa Terkuat yang Pernah Terjadi

Gempa Bumi Valdivia merupakan gempa bumi terkuat yang pernah tercatat dalam sejarah modern. Magnitudo 9,5 mencerminkan energi luar biasa yang dilepaskan selama gempa ini. Getarannya terasa hingga ribuan kilometer jauhnya.

 

2. Tsunami Mematikan

Gempa ini juga memicu tsunami yang memengaruhi negara-negara di seluruh Samudra Pasifik. Tsunami tersebut mencapai pantai-pantai di Hawaii, Jepang, Filipina, dan pantai barat Amerika Selatan. Tsunami-tsunami ini menyebabkan kerusakan yang parah dan mengakibatkan lebih banyak korban jiwa.

 

3. Ribuan Kematian dan Kerusakan Meluas

Sumber: