Wisata Luar Angkasa Bukan Lagi Fiksi Ilmiah, Seri Buku Putih Tiongkok
Belajar di ruang angkasa--
Memiliki warga sipil yang melakukan perjalanan ke luar angkasa akan menjadi terobosan dalam pengembangan budaya manusia. Ketika pariwisata luar angkasa mulai menjadi komersialisasi arus utama, siapa yang lebih tertarik mengeluarkan uang untuk menikmati pemandangan Bumi yang menakjubkan di luar angkasa? Selain itu, hotel luar angkasa mewah Voyager Station dijadwalkan dibuka untuk bisnis pada tahun 2027. Untuk menghasilkan pendapatan, aktivitas dan makanan apa yang harus disediakan oleh perusahaan pariwisata luar angkasa kepada wisatawan setelah mencapai orbit? Karena wisata luar angkasa diperkirakan masih relatif mahal, bagaimana dengan masyarakat yang masih tidak mampu melakukan perjalanan luar angkasa? Adakah cara bagi mereka untuk merasakan perjalanan luar angkasa dengan cara yang lebih murah? Pelajaran apa yang dapat diambil oleh perusahaan yang ingin mengembangkan wisata luar angkasa?
Dalam Buku Putih Penelitian Sekolah Bisnis CUHK ini, kami berupaya mengeksplorasi perkembangan terkini dan masa depan dari industri yang baru muncul ini.
Menu dan Aktivitas yang Wajib Dimiliki di Space Hotel
Meskipun perjalanan fisik ke luar angkasa masih belum dapat diakses oleh semua orang kecuali orang super kaya, hal ini tidak lagi menjadi hambatan di masa mendatang. Dengan evolusi teknologi luar angkasa yang terus-menerus, banyak yang percaya bahwa biaya wisata luar angkasa akan turun dan perlahan tapi pasti akan menjadi arus utama.
Buku putih penelitian ini memberikan beberapa wawasan. Pertama, masyarakat Tiongkok memiliki niat yang lebih tinggi untuk terlibat dalam wisata luar angkasa dibandingkan warga Amerika karena mereka menganggap perjalanan luar angkasa lebih berisiko. Strategi yang mungkin dilakukan untuk mempromosikan perjalanan luar angkasa di pasar Barat adalah dengan memberikan informasi teknologi yang lebih konkrit dan menekankan keselamatan dalam iklan dan media sosial untuk mengurangi persepsi risiko wisatawan. Sebaliknya, bila menyasar pasar Asia, iklan perjalanan luar angkasa bisa menekankan fantasi dan pengalaman luar biasa.
Kedua, jika mempertimbangkan fasilitas dan layanan hotel luar angkasa, baik wisatawan Amerika maupun Tiongkok pada umumnya ingin memiliki fasilitas dasar kolam gravitasi buatan dan layanan ruang spa/pijat. Meskipun wisatawan Amerika lebih menyukai wisata luar angkasa "luar ruangan", wisatawan Tiongkok lebih menyukai aktivitas "dalam ruangan" seperti menonton film. Perusahaan wisata luar angkasa dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan layanan sesuai dengan preferensi mereka yang berbeda.
Ketiga, makanan adalah bagian penting dari perjalanan. Berdasarkan temuan survei, disarankan bahwa steak dan burger adalah "menu wajib" bagi hotel luar angkasa untuk memuaskan wisatawan Amerika dan Tiongkok. Hotpot adalah item menu paling populer di kalangan turis Tiongkok. Saya sangat merekomendasikan hotel luar angkasa di masa depan untuk memasukkan ini guna membentuk ingatan turis Tiongkok.
Sumber: