Kisah Anjing Chips, Pahlawan di Perang Dunia II! Militer AS Bentuk Korps Anjing

Kisah Anjing Chips,  Pahlawan di Perang Dunia II! Militer AS Bentuk Korps Anjing

Anjing yang berjasa pada perang dunia II--

 

 

Pada Parang Dunia I, sebenarnya jutaan anjing telah dilibatkan. Namun selama perang dunia I, mereka hanya dikerahkan sebagai pasukan pengirim pesan.

 

Anjing ini membawa pesan ke barak-barak tentara di kedua pihak yang terlibat. Hewan mamalia itu juga dilibatkan, untuk memberikan kenyamanan psikologis kepada para tentara karena Perang Dunia I begitu menguras emosi. Sehingga mereka bisa menjadi teman bermain para tentara.

 

BACA JUGA:Hari Ini, Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim. Dugaan Penghinaan Jokowi

 

Anjing asal Jerman bernama Rin Tin Tin menjadi terkenal setelah ditemukan terlantar di Prancis pada 1918. Rin Tin Tin dibawa ke Amerika Serikat (AS) dan memulai debutnya dalam film 1922. Rin Tin Tin sedikit banyak berkontribusi pada penyebaran anjing ras Jerman di Negeri Paman Sam.

 

 

Saat usai perang dunia I, AS sebenarnya sudah meninggalkan pelatihan anjing untuk kepentingan perang.  Namun saat AS  terlibat pada Perang Dunia II sejak Desember 1941, Asosiasi Pecinta Anjing Amerika dan kelompok Dogs for Defense mulai menggerakkan para pemilik untuk menyumbangkan hewan peliharaannya yang sehat untuk bergabung dengan korps tentara.

 

Melansir dari History, Selasa (13/3/2018), Korps Quartemster (QMC) militer AS pun mulai melatih anjing-anjing sumbangan itu sejak 13 Maret 1942. Hewan yang sering disebut sahabat manusia itu dilatih untuk mengikuti Program Anjing Perang atau korps K-9.

Sumber: