5 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung, No 2 Sangat Penting untuk Anak

5 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung, No 2 Sangat Penting untuk Anak

menabung--

Manfaat menabung salah satunya upaya anak-anak bisa belajar lebih menghargai uang. Ajarkan pada mereka bahwa mencari uang tidaklah mudah, melainkan diperlukan usaha dan tekad yang kuat.

 

2. Mengajarkan Anak Disiplin

Dengan mengajarkan anak menabung sejak dini dapat membentuk sikap disiplin pada anak. Orang tua bisa mengingatkan anak untuk selalu menyisihkan uang sisa jajannya agar ditabungkan. Hal itu konsisten dilakukan sampai dengan menabung menjadi kebiasaan pada anak.

 

3. Berlatih Hidup Hemat

Menabung sejak dini adalah melatih hidup hemat. Membiasakan menyisihkan sebagian uang akan membentuk kebiasaan hemat ketika anak tumbuh dewasa nanti. 

Anak-anak yang sejak kecil diajarkan untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai kebutuhan, mereka akan terbiasa dengan hal itu ketika dewasa.

 

4. Belajar Mandiri

Anak yang diajarkan menabung secara tidak langsung ia juga belajar tentang kemandirian. Hal ini bisa dicapai dengan cara ketika anak menginginkan sesuatu contohnya barang yang ia sukai, Anda sebagai orang tua bisa meminta ia menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan mainan tersebut.

 

5. Belajar Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan dengan baik adalah hal yang sangat penting dikuasai oleh seseorang akan tetapi dai menabung sejak usia dini secara tidak langsung kita sebagai orang tua mengajarkan kepada anak belajar mengatur keuangan. Sehingga anak jadi paham bagaimana cara menggunakan uang yang bijak dengan tidak menggunakan uang tersebut untuk keperluan tidak penting.

Sumber: