Berita Penggalian Brankas Berisi Hasil Korupsi Rafael, Hoaks

Berita Penggalian Brankas Berisi Hasil Korupsi Rafael,  Hoaks

Hoaks berita dan video penggalian harta Rafael--

 

 

KOMINFO kembali merilis salah satu berita atau video yang dinilai hoaks. Yakni, beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook bahwa terdapat penggalian brankas yang diklaim berisi hasil korupsi mantan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Jakarta Selatan Rafael Alun Trisambodo. 

 

BACA JUGA: Ini Kata Menag Soal Capres! Tegas, Jangan Pilih yang Pernah Pecah Belah Umat

 

Isi dari dalam brankas tersebut berupa sejumlah uang tunai dengan mata uang asing dan sebuah senjata api.

 

Faktanya, dilansir Kominfo, klaim tersebut nyatanya keliru. Unggahan video tersebut identik dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube Arkeolog pada 20 Mei 2023 lalu. 

 

Tidak ditemukan keterkaitan antara penemuan brankas dalam unggahan video tersebut dengan kasus korupsi yang saat ini menjerat Rafael Alun Trisambodo. Diketahui bahwa Rafael Alun Trisambodo didakwa oleh Jaksa Penutut Umum (JPU) atas gratifikasi sebesar Rp16,6 miliar. Gratifikasi tersebut turut diterima oleh sang istri, Ernie Mieke Torondek, yang saat ini juga menjabat sebagai komisaris dan pemegang saham PT Artha Mega Ekadhana.

 

Jadi nitizen Indonesia diminta tidak asal share berita yang tidak benar dan belum terverifikasi kebenarannya. Dan jika ingin tahu beritanya bisa langsung kondirmasikan atau carai ke kementrian kominfo atau media. 

 

Sumber: