Wow!! FIFGROUP Berikan Pinjaman Tanpa Bunga 260 UMKM se-Indonesia

 	  Wow!! FIFGROUP Berikan Pinjaman Tanpa Bunga 260 UMKM se-Indonesia

Zoom meeting rencana FIFGroup berikan pinjaman tanpa bunga ke UMKM--

 

Jakarta, Radar Seluma.Disway.Id,  Sebagai negara kepulauan terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak nomor 4 di dunia, Indonesia memiliki pasar potensial bagi perkembangan produk dan jasa. Hal ini tentu membuka peluang yang besar dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bumi pertiwi, salah satunya yaitu peranan dan kehadiran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

 

BACA JUGA: Hongkong Tuan Rumah Pertemuan Pengelola Bandara! Bicarakan Masa Depan Bandara

 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pada tahun 2022 terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia yang mana telah mempekerjakan 114,7 juta orang atau sekitar 56% dari tenaga kerja di Indonesia. Selain itu, UMKM juga memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap PDB negara, dan juga menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 95% dari total angkatan kerja di Indonesia.

 

Oleh karena itu, pemerintah dan semua pihak terkait harus bersama-sama bekerja untuk memberikan dukungan kepada UMKM di Indonesia, baik melalui program pelatihan dan pendampingan, akses terhadap modal, fasilitas pendukung, dan lain sebagainya.

 

Hal ini menjadi dasar pemikiran PT Federal International Finance (FIFGROUP), sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk (Astra) dan juga bagian dari Astra Financial, untuk terus berkomitmen dalam hal pengembangan UMKM. Ini sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Aspirasi Sustainability Astra melalui strategi keberlanjutan Triple-P Roadmap Astra yang terdiri atas pilar Portfolio, People, dan Public Contribution.

 

Bentuk dukungan tersebut khususnya terhadap pilar Public Contribution, dilakukan melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR), yaitu dalam FIFGROUP Sejahtera dengan Penyaluran Dana Bergulir yang ditujukan bagi 734 UMKM di tahun 2023. Penyaluran ini dibagi dalam 3 tahap, tahap 1 di bulan Mei 2023 sebanyak 340 UMKM, tahap 2 di bulan Agustus 2023 sebanyak 260 UMKM, dan tahap 3 di bulan November 2023 sebanyak 134 UMKM.

 

Dan hari ini, Selasa, 29 Mei 2023, merupakan penyaluran Dana Bergulir Tahap 2 bagi 260 UMKM yang juga merupakan rangkaian perayaan hari ulang tahun perusahaan yang ke-34 tahun pada Mei 2023 ini. Selain penyaluran bantuan dana tanpa bunga, terdapat juga pembinaan serta pengembangan UMKM lewat kolaborasi bersama Astra, Yayasan Grup Astra, Yayasan Non Astra, serta pemerintah.

Sumber: