Warga Diberihkan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Batok Kelapa

 Warga Diberihkan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Batok Kelapa

inas Perdagangan Berikan Pelatihan Pembuatan produk kerajinan dari batok kelapa di desa Terulung kecamatan Manna, kabupaten Bengkulu Selatan atau di tempat wisata Coconut--

 

BENGKULU SELATAN Radar Seluma. Disway.Id -  Dinas Perdagangan Bengkulu Selatan (BS), gelar pelatihan  pembuatan produk kerajinan  dari batok kelapa di desa Terulung kecamatan Manna, kabupaten Bengkulu Selatan atau di tempat wisata Coconut. Pelatihan pembuatan batok kelapa yang tidak lain adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian khususnya bagi warga.

BACA JUGA:Dikabarkan Putus Dengan Riza Syah, Lyodra Malah Dapat Selamat!

 

Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Selatan (BS), Binagranysah M.Si melalui Sektaris Nasrul Efendi M.Pd menyebut pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kemandirian. "Tujuan pelatihan agar mereka dapat tumbuhkembang dan dapat berusaha secara mandiri,"ucap Nasrul.BACA JUGA:WOW! 20 Unit Mobil Mewah Ferrari Termahal di Dubai dan Indonesia 2023

 

 

Diakui Nasrul, kegiatan ini diikuti 12 peserta, 10 orang bapak-bapak, 2 orang ibu-ibu dan 1 orang instruktur yang mana kegiatan di bagi 3 (tiga) kelompok, masing-masing kelompok diwajibkan membuat 2 (dua) kerajinan dari batok kelapa. Ia menyebut pohon kelapa memang punya banyak manfaat, mulai dari batang, daun, hingga buah dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bahkan limbah tempurung kelapanya pun bisa digunakan menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. 

 

 

"Saat ini belum banyak masyarakat yang tahu bagaimana mendaur ulang tempurung kelapa menjadi limbah yang sangat berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi. Makan dari itu pihak Dinas Perdagangan melalui bidang industri mengajak masyarakat memanfaatkan limbah dari tempurung kelapa atau biasa masyarakat mengenalnya dengan batok kelapa dijadikan sebuah kerajinan yang bahan bakunya mudah didapat karena menggunakan bahan baku lokal. Apalagi di Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah,"turut Nasrul.

 

 

Nasrul menambahkan batok kelapa saat ini sangatlah banyak peminatnya. Selain bahan yang mudah dicari, kerajinan dari bahan ini juga sangat indah dilihat dan sangat cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan, sehingga akan menambah nilai estetika alami. "Dengan diberihkan pelatihan nantinya para peserta memiliki keterampilan khusus dan juga kemauan tinggi untuk membuat barang bernilai seni tinggi. Salah satunya dengan menyulap tempurung kelapa menjadi keterampilan yang bernilai seni,"pungkas Pendi sapaan akrap.(yes)

Sumber: