Mercedes-Benz Mobil Asal Jerman yang Miliki Cerita Panjang...........

Mercedes-Benz Mobil Asal Jerman yang Miliki Cerita Panjang...........

--

 

 

Mercedes-Benz brand mobil paling tercanggih didunia yang berasal dari jerman, Mercedes-Benz melewati sejarah panjang hingga kini menjadi bagian dari nama besar di industri otomotif dunia.

 

Mercedes-Benz berawal dari dua pria bernama Karl Benz dan Gottlieb Daimler yang bertekad membebaskan dunia dari transportasi bertenaga kuda. Di tahun 1880-an, keduanya melakukan penelitian dan menemukan mobil secara terpisah di Jerman Selatan. Daimler dan chief-engineer-nya,Wilhelm Maybach, bersama menemukan Mesin empat-tak, keduanya bekerja sama di Cannstatt. Sementara Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg.

 

Pada April 1900, Daimler-Motoren-Gesselschaft (DMG) mendapatkan nama Mercedes dari seorang pengusaha bernama Emil Jellinek. Pengusaha dealer mobil itu menjadi yang pertama menggunakan nama Mercedes, yang berasal dari nama anak perempuannya.

 

Mercedes digunakan Jellinek untuk menjadi nama mobil balap DMG, yang pertama kali digunakan pada Mercedes 35 hp rancangan Wilhelm Maybach dan Paul Daimler. Mercedes 35 hp sangat sukses dengan memenangkan hampir semua balapan digelar di Nice (Prancis), kota Jellinek berdomisili kala itu.

 

Berawal pada era 1930-an ketika Mercedes memproduksi mobil dengan garis luwes, mengalir, dengan elemen membulat. Gaya desain tersebut ditandai oleh model 500 K pada 1934, dan berlanjut 540 K sebagai penerusnya pada 1936.

 

Model ini dianggap menjadi objek kesempurnaan dan keindahan otomotif. Pada era tersebut, 500 K dan 540 K menciptakan tren coupe dan roadster modern Mercedes-Benz. Era modern desain mobil semakin dipengaruhi Mercedes-Benz dengan lahirnya model 180, yang menjadi pelopor gaya desain ‘ponton’. Model 180 adalah mobil pertama yang menerapkan konfigurasi desain “three box”, terdiri dari ruang mesin, ruang penumpang, dan kompartemen bagasi. Format ini selain praktis, juga memiliki kestabilan lebih baik.

Sumber: