Lumpy Skin Disease (LSD) Lebih Bahaya dari PMK ?

Lumpy Skin Disease (LSD) Lebih Bahaya dari PMK ?

Sapi yang terkena penyakit LSD--

 

 

 

Lumpy Skin Disease (LSD) adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae.

 

Penyakit LSD ini ternyata lebih bahaya dari penyakit mulut dan kuku (PMK) karena penularannya melalui gigitan nyamuk dan lalat. Kabid Kesehatan Hewan dan Pemasaran Hasil Peternakan, (Disnakan) Bojonegoro Lutfi Nurrahman mengatakan, penyakit benjol-benjol pada sapi ini termasuk jenis virus baru dan berbahaya.

 

Ini penyakit yang tidak menyebar ke manusia. Penyakit LSD ini hanya menular dari sapi ke sapi, atau dari sapi kerbau.

 

 

Apalagi jika sudah terinfeksi, namun tidak segera ditangani penyembuhan akan membutuhkan waktu yang lama. Sebab, LSD ini menyerang kulit sapi bahkan sampai menembus daging. Kalau ditangani, empat hari langsung sembuh.

 

Sayang untuk cara penyembuhan tidak ada obat khusus anti virus LSD ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan, menurut Widya, sapi dapat diberi antibiotik untuk mengurangi infeksi sekender dan obat pengurang rasa sakit agar hewan tetap mau makan. Apabila hewan dalam kondisi baik dan tidak parah maka hewan dapat sembuh.(ndo)

Sumber: