Gubernur Bengkulu Buka Festival Tabot 2023

 Gubernur Bengkulu Buka Festival Tabot 2023

--

 

 

BENGKULU, Radar Seluma.Disway.Id,  – Gubernur BENGKULU Dr. Rohidin Mersyah resmi membuka event Tabut tahun 2023 ini, pada Selasa 18 Juli 2023. 

Event Tabut tahun ini menurut Gubernur, sangat istimewa 

karena masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

"Tabut Bengkulu ini sudah masuk dalam KEN 2023, hal ini tidak lain dari kekuatan budaya yang ditampilkan dan peran kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat," ujar Gubernur usai membuka Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka Bengkulu. 

 

BACA JUGA: Presiden Jokowi Tiba Sore di Bengkulu, Langsung Nginap di Mercure

 

Lebih lanjut, menurut Rohidin, pelaksanaan tabut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram), ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Bengkulu yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19. 

"Sekarang mulai terasa, pergerakan ekonomi di masyarakat lewat sinergi bersama para pelaku UMKM pada setiap event tabut yang dilaksanakan dari tahun ke tahun," terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

 


Pembukaan Tabut--

Terakhir, momen tabut ini akan menampilkan berbagai kesenian dari pelaku seni di Provinsi Bengkulu, dan ada juga lomba-lomba untuk memeriahkan Festival Tabut 2023 seperti atraksi dhol, tari kreasi, telong-telong, dan ikan-ikan. Di samping itu, juga ada kolaborasi budaya antar provinsi-provinsi tetangga. 

Sumber: