BISA MENJADI PENDIDIK ABAD 21 YANG EFEKTIF DAN SUKSES

BISA MENJADI PENDIDIK ABAD 21 YANG EFEKTIF DAN SUKSES

--

 

Oleh : Milma Yasmi, M. Pd.

Ketua Komunitas MGMP Matematika Kabupaten Seluma 

 

Salam guru hebat! Guru adalah garda terdepan memperbaiki mutu pendidikan, ini tidak bisa dipungkiri. 

Guru sekarang tidak semua guru milenial, masih banyak guru yang berasal dari generasi X, bahkan generasi Baby Boomer. Ilmu yang diperolehnya saat pendidikan mungkin saja sudah lapuk, baik itu bahan ajarnya yang belum update, cara mengajarnya kurang asik, kurang persiapan dalam mengajar, bahkan kurang mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. 

BACA JUGA:Free Fire Advance Server 2023 Terbaru Resmi Dibuka, Daftar dan Link Resmi

Lalu apakah masih bisa eksis di abad 21? Bagaimana menjadi pendidik abad 21 yang efektif dan sukses? Yuuuk simak penjelasannya berikut ini.

Beruntung saya memperoleh kesempatan belajar di Orbit Guru Merdeka besuatan almarhum Bapak Habibie yang bekerja sama denngan pemerintah untuk membekali guru-guru Indonesia menjadi lebih bermutu. Alhamdulillah kemendikbudristek meloloskan saya saat seleksi beasiswa ini, kami diberi kesempatan belajar sekitar 4 bulan secara online dengan  terbagi dari 3 tahapan, ada banyak guru yang berguguran tidak mampu mencapai tahap akhir yaitu tahap 3 dan mengikuti ujian MCE, gelar menjadi guru bersertifikat Microsoft Certificate Educator yang sekarang masih menunggu jadwal ujian akhir. 

Semoga lulus dan berhak menyandangnya. Hal ini tidak ingin saya pendam sendiri, ingin rasanya membagikan kepada guru-guru lainnya di Provinsi Bengkulu khususnya di Daerah Seluma.

Zaman telah berubah, bahkan sangat cepat. Guru berhadapaan dengan siswa atau peserta didik yang berbeda jauh dibandingkan zamannya. 

Ada proses yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk dapat melewati setiap tahap perubahan, guru profesional dengan standar kompetensi guru abad 21. Guru yang mampu menjadi pembelajar sepanjang karir untuk peningkatan keefektifan proses pembelajaran siswa seiring dengan perkembangan lingkungan, mampu bekerja dengan, belajar dari, dan mengajar kolega sebagai upaya menghadapi kompleksitas tantangan sekolah dan pengajaran.  

Kemampuan kolaborasi seorang guru sangat dibutuhkan saat ini. Mengajar berlandaskan standar profesional mengajar untuk menjamin mutu pembelajaran.  Serta memiliki kemampuan berkomunikasi langsung maupun menggunakan teknologi secara efektif dengan orang tua siswa, untuk mendukung pengembangan sekolah. 

BACA JUGA:Legenda Putri Gading Cempaka Keturunan Majapahit (Selesai)

Sumber: