Realisasi PAD Seluma Tahun 2022 Rp40 M

 Realisasi PAD Seluma Tahun 2022 Rp40 M

Kepala Bapenda Seluma, Yuyun--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id, - Tahun 2022 lalu realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Seluma sebesar Rp40 miliar dari target yaitu Rp54 miliar. Dari empat sumber PAD di Kabupaten Seluma yang menjadi penyumbang terbanyak adalah pendapatan yang bersumber dari lain-lain PAD yang sah ditargetkan sebesar Rp30 miliar dengan realisasi Rp25,6 miliar atau sebesar 85,20%. 

 

BACA JUGA: Nelayan Seluma Yang Tewas Dihantam Ombak, Dapat Rp 48 Juta dari BPJS

Kemudian sumber PAD terbesar kedua adalah pendapatan yang bersumber dari pajak daerah. Targetnya Rp19 miliar dan realisasinya hanya Rp12 miliar.

 

Nah untuk target pajak tahun 2023 ini senilai Rp17 miliar. Plt Kepala Bapenda Yuyun Afrianto mengatakan akan dilaksanakan optimalisasi dalam penagihan pajak terhadap Biaya Perolehan Hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), kemudian pajak Mineral batuan, pajak penerangan jalan (PPJ), pajak restoran, pajak hotel, parkir, gedung walet, pajak air tanah, pajak reklame hiburan dan PBB.

 

 

"Untuk target sebesar Rp17 miliar lebih. Kami optimis target ini akan segera tercapai sampai akhir tahun 2023 ini," tegas Yuyun Afrianto.

Dari sasaran penagihan pajak tersebut disampikan oleh Yuyun PPJ yang memiliki nominal paling besar yakni mencapai Rp7,5 miliar. 

 

BACA JUGA:Mudahkan Pelayanan Untuk Masyarakat, Dinsos Optimalkan Layanan

"Jadi ada 11 sasaran yang menjadi target pajak di tahun 2023. Dari 11 jenis tersebut yang paling besar adalah PPJ mencapai Rp7,5 miliar," tegasnya.

Sumber: peningkatan pad seluma