Calender Of Event Seluma, Momen Kembangkan Budaya dan Wisata Seluma

 Calender Of Event Seluma, Momen Kembangkan Budaya dan Wisata Seluma

--

 

 

NAPAL JUNGUR, Radar Seluma.Disway.id - Kabupaten Seluma dihuni secara mayoritas suku serawai yang jumlahnya lebih 60 persen dari total jumlah penduduk di Kabupaten Seluma. Penyebaran penduduk terbagi empat wilayah sesuai dengam kepemerintahan tempo dulu atau keresidenan dan kepasirahan. Terkait dengan itu budaya dan adat istiadat serta seni daerah juga terbagi empat walaupun perbedaannya tidaklah begitu mencolok hanya beda tipis saja, namun diantara budaya budaya itu ada yang sama salah satunya adalah budaya lemang. Mulai dari perbatasan dengan Kota Bengkulu hingga ke perbatasan dengan Kabupaten Seluma, jika orang serawai atau Seluma kalau mau lamaran harus menyertai lemang, kebiasaan ini sudah terjadi sejak dahulu kala.

 

BACA JUGA: Mantan Kades Kemang Manis Janji Kembalikan Uang DD

Untuk membangkitkan kembali budaya serawai, Pemerintah Daerah Seluma tahun 2023 ini telah menyusun suatu agenda daerah yang dinamakan Calender Of Event Seluma Tahun 2023. Dalam setiap pelaksanaan even ini selalu dikedepannkn menmpilkan budaya budaya atau kesenian serawai seluma yang masih sering dilkukan oleh masyarakat dipedesaan. Tujuannya adalah untuk membangkitkn kembali kesenian daerah dan budaya tersebut, supaya generasi muda paham akan seni dan budaya daerah, disamping memperkenalkannya ke khalayak ramai baik masyarakat seluma maupun ke tingkat provinsi dan nasional.

 

Hal ini tercermin dalam sambutan Bupati Seluma Erwin Octavian, SE saat membuka Calender Of Event Seluma Tahun 2023 di Lokasi Wisata Desa Napal Jungur Kecamatan Lubuk Sandi (11/07). Event yang digelar di wisata napl jungur adalah even 1.000 lemang.

 

" Event ini adalah salah satu cara atau momen ataupun alat kita membangkitkan kembali budaya dan seni daerah. Kit kenalkan lagi dengan generasi muda agar bisa dilestarikan ke generasi berikutnya. Dengan event ini kit bisa bersilaturrahmi, berkumpul bersama. Dengan banyaknya masyarakat yang hadir ekonomi akan berputar lewat pedagang pedagang kecil di daerah atau desa setempat. Kalau ada pergerakan ekonomi, maka seluma juga akan maju," pungkasnya. (mrs)

BACA JUGA: Nama Kadis Disdikbud Seluma Gadungan, Tawarkan Jabatan. Minta Sejumlah Uang

BACA JUGA:Attachment Free Fire, Bikin Senapan Makin Sakit dan Akurat!

 

 

Sumber: