Petugas Kesehatan Temukan Cacing Hati Pada Sapi Kurban Jokowi di Seluma

  Petugas Kesehatan Temukan Cacing Hati Pada Sapi Kurban Jokowi di Seluma

Tim kesehatan di Seluma--

 

 

PASAR TAIS, Radar Seluma.Disway.Id,  - Kamis (29/6) pagi, sapi kurban persembahan Presiden RI, Ir H Joko Widodo yang dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Seluma pada hari Raya Idul Adha 1444 Hijrah. Telah dilakukan pemotongan oleh pihak panitia kurban Masjid Baitussalam Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma Kota.

 

Hanya saja, usai dilakukan pemotongan dan pada saat dilakukan pengelolaan daging oleh panitia. Bahkan pada saat dilakukan pengecekan oleh tim kesehatan yakni dari dokter kesehatan hewan dari Balai Veteriner Lampung, Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Bengkulu. Serta dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Tim dokter kesehatan menemukan adanya cacing hati yang ditemukan di beberapa rongga hati sapi jenis Limousin, seberat 987 kg tersebut.

 

BACA JUGA: Pra Pemilu, Kesbangpol Seluma Tingkatkan Koordinasi dan Komunikasi

 

Terkait dengan adanya temuan cacing tersebut, drh Tri Guntoro selaku Sub Koordinator Verteriner Lampung saat dikonfirmasi menjelaskan, jika Indonesia merupakan negara tropis. Sehingga hal biasa ditemukan cacing pada hewan ternak. Seperti sapi, kerbau maupun kambing yang dikurbankan.

 


ditemukan cacing pita--

"Semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada yang mengakibatkan masalah. Jadi gini yang perlu kita sampaikan. Indonesia merupakan negara teropis, tentunya ketika ditemukannya cacing itu hal yang lumrah. Kita telah melakukan pemeriksaan, jika dari hasil pemeriksaan luar kondisi sehat. Memang kita temukan dibagian-baguan cacing marapis, tetapi sudah kita singkirkan," sampainya.

 

Dijelaskannya, yang perlu dicatat oleh media adalah negara kita merupakan negara teropis. Sehingga ketika ditemukannya cacing itu merupakan hal yang biasa. Tinggal bagaimana caranya untuk proses penanganannya.

Sumber: namun masih aman dikonsumsi