Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

  Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

--

 

 

HONG KONG, Radar Seluma.Disway,id, - Ekonomi global telah menghadapi serangkaian guncangan ekstrem selama beberapa tahun terakhir, mulai dari pandemi COVID-19 hingga perang dagang AS-Tiongkok dan invasi Rusia ke Ukraina. Perubahan dramatis ini berdampak luas pada globalisasi, yang mengarah pada pembalikan fundamental keterbukaan perdagangan multilateral dan gangguan status quo dalam rantai pasokan global.

 

Perekonomian global telah menghadapi serangkaian guncangan ekstrim selama beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan gangguan status quo dalam rantai pasokan global.

 

 

BACA JUGA: Tiga Mantan Pimpinan DPRD Seluma Masih Pikir-pikir. Divonis 1 Tahun

 

Secara tradisional, tradeoff dalam rantai pasokan global adalah efisiensi biaya (seperti di China) dan konsentrasi risiko. Semakin banyak perusahaan dan pemerintah mempertanyakan strategi sumber yang telah mendominasi manajemen rantai pasokan selama beberapa dekade. Setelah perang dagang dan COVID, risiko rantai pasokan global, terutama risiko geopolitik, telah menjadi isu yang diakui.

 

 

Tren baru seperti regionalisasi geo-ekonomi rantai pasokan, konsolidasi sumber di dalam negeri atau di antara mitra dagang dekat, dan pendirian fasilitas yang berkumpul di sekitar pasar pengguna akhir akhir, telah mulai muncul, karena manufaktur global berada di bawah tekanan kuat dan risiko rantai pasokan – terutama risiko ekor dari kejadian tak terduga – menjadi semakin diakui sebagai masalah.

 

Sumber: