Gubernur Bengkulu dan Bupati Seluma Resmikan Titik Nol Pembangunan Pelabuhan Nusantara Seluma

Gubernur Bengkulu dan Bupati Seluma Resmikan Titik Nol Pembangunan Pelabuhan Nusantara Seluma

Gubernur dan Bupati Seluma penentuan titik nol pembangunan pelabuhan di seluma--

 

 
PASAR SELUMA, Radar Seluma.Disway.Id,  - Dalam rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang berada di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Akhirnya resmi dilakukan, setelah dilakukannya titik nol oleh Gubernur Bengkulu, Prof Dr drh H Rohidin Mersyah, MMA dan Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE.
 
 
Pada pelaksanaan titik nol pembangunan PPN yang terletak di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Langsung dilakukan titik nol oleh Gubernur Bengkulu, pada Selasa (20/6) sore, sekitar Pukul 16.00 wib. Sebagai tanda dimulainya pembangunan proyek program pembangunan PPN.
 
 
"Hari ini kita melakukan titik nol pengerjaan Pelabuhan Perikanan Nusantara. Ini akan menjadi pelabuhan yang paling representatif untuk pelabuhan nelayan di kawasan pesisir barat Provinsi Bengkulu," sampai Gubernur Bengkulu, Prof Dr drh H Rohidin Mersyah, MMA.
 
 
Dalam pengerjaan tahun 2023 ini. Ada 7 proyek pengerjaan PPN yang dianggarkan dengan anggaran sebesar Rp 16 Miliar. Yakni pada pemasangan instalasi listrik (Termasuk trafo) sebesar kurang lebih Rp 200 juta, Pembangunan atau rehabilitasi Tempat Pemasaran Ikan (TPI Higienis) sebesar kurang lebih Rp 1,5 Miliar, Pbangunan Dermaga sebesar kurang lebih Rp 8 Miliar, Pembangunan kolam pelabuhan sebesar kurang lebih 1,6 Miliar.
 
 
Pembangunan Drainase sebesar kurang lebih Rp 900 juta, pembangunan instalasi air bersih atau air baku lainnya sebesar kurang lebih Rp 400 jutaan. Serta Pembangunan Turap penahan tanah (Revetment) sebesar kurang lebih Rp 2,6 Miliar.
 
 
"Mudah-mudahan tahun ini sudah dapat difungsikan dan tahun depan anggaran yang dimasukkan akan lebih besar dibandingkan pada tahun ini," ujarnya.
 
Gubernur juga mengatakan, jika pihaknya meminta dukungan kepada Bupati Seluma. Agar nantinya di dalam pelaksanaan pembangunan PPN ini dapat berjalan dengan lancar. Serta di dalam pembangunan PPN ini juga mendapat dukungan dari masyarakat.
 
Sementara itu, Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE saat dikonfirmasi mengatakan, dengan dimulainya pembangunan PPN ini sebuah anugerah bagi masyarakat Kabupaten Seluma. Sesuai dengan pimpi yang diharapkan adanya pelabuhan di Kabupaten Seluma. Lantaran dalam rencana pembangunan pelabuhan ini sudah dalam proses sekitar kurang lebih 2,5 tahun lamanya.
 
"Alhamdulillah untuk pembangunan PPN ini sudah terlaksana. Kita harapkan dengan adanya PPN ini kedepannya, mimpi Kabupaten Seluma menjadi pusat pelabuhan betul-betul akan terwujud," sampainya.
 
 
Bahkan Bupati juga mengatakan, jika dalam pembangunan PPN ini nantinya untuk anggaran dana yang dikucurkan hampir mencapai total RP 46 Miliar. Yakni di tahun 2023 ini baru dikucurkan Rp 16 miliar. Untuk selanjutnya di tahun depan akan ditambah Rp 30 miliar.(ctr)

Sumber: