Pendap Seluma Mengundang Selera Makan, Yuk Dicoba.

Pendap Seluma Mengundang Selera Makan, Yuk Dicoba.

Pendap ikan seluma--

 

Seluma, Disway.id Seluma sangat kaya akan warisan makanan tradisional peninggalan nenek moyang yang tentunya akan mengundang selera makan bagi yang melihatnya.

Salah satunya yaitu pendap, yuk mengenal lebih jauh pendap, makanan khas Kabupaten Seluma warisan turun temurun hingga saat ini, Kudapan berbahan dasar ikan ini sebetulnya mirip pepes atau pais ikan yang lebih akrab di telinga kita. 

 

BACA JUGA: Diharamkan PWNU Jawa Barat, Bagaimana Cara Masuk ke Pondok Pesantren AL-ZAYTUN

 

Bedanya, jika pepes umumnya dibungkus daun pisang maka pendap menggunakan daun talas sebagai penyelimut. 

Tak hanya selembar, tetapi diperlukan 10-15 lembar daun talas untuk membungkus pendap sebelum kemudian dibalut daun pisang.

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu rempah yang telah dihaluskan, seperti asam kandis, kunyit, ketumbar, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, garam, sedikit gula, dan cabai. Bumbu halus ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda.

 

Setelah tercampur baik, letakkanlah bumbu ini di atas daun talas. Selanjutnya susun daging ikan yang telah dipisahkan dari durinya di atas daun talas yang telah bertabur bumbu. Umumnya, jenis ikan laut seperti kakap merah, kembung, dan gulama, dipilih sebagai bahan utama. Alasannya karena ikan-ikan ini berdaging padat.

 

Jika daging ikan sudah diletakkan di atas adonan bumbu rempah, bungkuslah dengan daun talas berlapis-lapis. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dan ikat agar tidak mudah lepas saat dikukus. penggunaan ikan berdaging padat juga bertujuan agar menghasilkan tekstur pendap yang gurih. Lagipula daging tak mudah hancur saat diolah bersama balutan aneka bumbu rempah tadi.

 

Sumber: