DMPD BS Tidak Gelar Ulang, Ada Pilkades Seri

 DMPD BS Tidak Gelar Ulang, Ada Pilkades Seri

Pilkades serentak di BS--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Selatan.Disway.Id,  - Pihak  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) BENGKULU SELATAN (BS) tidak menggelar pemilihan kades (Pilkades) ulang melainkan akan menggelar tes terulis dan hasil dari tes tersebut penentuan kemenangan.

 

Sekertaris DPMD BS, Agustian menuturkan pelaksanaan Pilkades serentak sebanyak 15 desa sudah dilaksanakan, kemarin (15/6/2023) namun ada hasil Pilkades draw/sama. Pemenang Pilkades di desa tersebut tidak akan dilakukan melalui Pemilihan Suara Ulang (PSU). Melainkan, akan digelar tes tertulis antara kedua calon yang suaranya sama.

 

BACA JUGA: Tak Ada Lagi Perbaikan, 20 Juni KPU Seluma Penetapan DPT

 

"Pemilihan Kepala Desa berpacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor: 44 tahun 2018. Apabila hasil perolehan suara sama/draw, maka penentuan calon kades terpilih ditetapkan dengan tes tertulis yang dilaksanakan oleh Panitia Kabupaten. Namun, pelaksanaannya di kecamatan yang bersangkutan,"ungkap Agustian.

 

Menurut Agustian, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil pihak Panitia Pilkades Nanjungan, BPD Nanjungan, Camat Kedurang Ilir dan kedua calon yang suaranya sama. Pemanggilan tidak lain adalah untuk mempertanyakan soal kapan mereka siap untuk melakukan tes tertulis.

 

 

"Penentuan jadwal tes tertulis calon kades draw dalam waktu dekat akan dipangil,"pungkas Agustian.(yes)

 

Sumber: