Abu Nawas Mencari Neraka, Membuat Hhalifah Harun Al-Rasyid Tertawa Simak

Abu Nawas Mencari Neraka, Membuat Hhalifah Harun Al-Rasyid Tertawa Simak

Abu Nawas mencari neraka--

 

Abu Nawas tidak peduli. Keesokan harinya dia melakukan hal yang sama, hanya saja kali ini lebih pagi sambil tetap membawa lampu minyak tanpa mengeluarkan suara, menoleh ke kanan dan kiri.

 

Banyak orang menyaksikan tingkah Abu Nawas lantas bertanya kepada Abu Nawas apa yang sebenarnya siang hari membawa lampu. Seketika Abu Nawas menjawab bahwa ia sedang mencari neraka para warga mulai berpikiran bahwa Abu Nawas gila. 

 

Bahkan di hari ketiga masih melakukan hal yang sama dan membawa lampu minyak yang digoyang-goyangkannya. Warga Baghdad tidak sabar akan perilaku Abu Nawas, lalu mereka  menangkapnya. 

BACA JUGA: Seluma Kaya Makanan Khas, Salah Satunya Gulai Rebung Undak Liling

Di Baghdad, ada sebuah undang-undang yang melarang orang gila berkeliaran. Beberapa musuh politik Harun Al-Rasyid justru gembira melihat Abu Nawas ditangkap. Abu Nawas bisa dijadikan sebagai senjata untuk menyudutkan wibawa sang khalifah.

 

Ucapan Abu Nawas membuat khalifah Harun Al-Rasyid tertawa. Sungguh jenaka sosok Abu Nawas di mata khalifah Harun, berkata sambil tergelak "Abu Nawas, besok siang lanjutkan mencari neraka. Jika sudah ketemu, jebloskan orang-orang ini ke dalamnya(Apr) 

 

Sumber: