Sederet Manfaat Ikan Asin Bagi Tubuh, Simak...

Sederet Manfaat Ikan Asin Bagi Tubuh, Simak...

--

 

Tidak bisa dipungkiri, makanan yang sering ditemui sebagai lauk ini ternyata kaya manfaat. Jadi jangan mengeluh dulu kalau tersedia lauk hanya berupa ikan asin dan sayur mayur, karena lauk ini nyatanya kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selepas dari itu, ikan asin sendiri memang salah satu lauk makan yang banyak digemari masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Seluma. Selain sambal dan kerupuk, ikan asin juga kerap dihadirkan dan menjadi pelengkap makanan, seperti nasi uduk atau nasi goreng. 

 

Ada beberapa jenis ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti ikan teri, ikan gabus, ikan tongkol, dan ikan tenggiri. Proses pembuatannya yaitu dengan cara diasinkan dengan garam dalam jumlah yang banyak, kemudian dijemur selama beberapa hari sehingga ikan bisa tahan lama. adakah manfaatnya untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

 

Nutrisi yang Terkandung dalam Ikan Asin

Meski sering dianggap sebagai lauk yang sederhana, nyatanya ikan asin punya banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram ikan asin, terdapat nutrisi berikut:

Energi: 193 kcal.

Protein: 42 gram.

Karbohidrat: 0

Lemak: 1,5 gram.

Kalsium: 200 miligram.

Fosfor: 300 miligram.

Sumber: