Masih Ada 4 Desa di Seluma, Belum Cair ADD Tahap Pertama

 Masih Ada 4 Desa di Seluma, Belum Cair ADD Tahap Pertama

Kepala BKD Seluma Sumiati--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway>id,  - Ternyata saat hendak memasuki triwulan ketiga, masih ada 4 desa di Seluma yang belum cairkan dana desa (DD) tahap 1. Sampai dengan kemarin keempat desa ini belum pencairan  Alokasi dana desa (ADD) tahap pertama tahun 2023. 

Satu desa sedang dalam proses pencairan. Rencananya jika tidak ada halangan dalam waktu dekat segera cair. 

 

"ADD 5 desa lagi. Yaitu Batu Tugu,  Muara Danau, Tedunan, dan Serian Bandung. Yang sedang kita proses saat ini adalah Genting Juar. Kalau tidak ada halangan satu desa lagi segera masuk. Pengajuan kita mulai dari Juni. Sebenarnya tidak ada batasan namun kalau sudah Desember mengajukan prosesnya kapan lagi," kata Sumiati, SE, MM, Kepala BKD Seluma melalui Kabid Perbendaharaan, Edi Yustiyono, SAB didampingi Kamidi, S.Sos, Pengelola Pencairan Dana Desa, kemarin. 

 

 

Kemudian dia menyampaikan untuk anggaran Dana Desa (DD) tersebut prosesnya ditransfer melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Manna ke rekening seluruh desa penerima. "Setelah semua persyaratan pengajuan disampaikan. Selanjutnya kami proses dan anggaran desa ditransfer langsung oleh KPPN ke rekening desa," kata Kepala BKD Seluma.

 

Lebih lanjut, dikatakanya untuk alokasi dana ADD. Yang digunakan untuk pembayaran gaji kades dan perangkat, serta kebutuhan ATK pemdes. Dari 182 desa sudah dicairkan ke 155 desa yang ada

Seperti diketahui dalam tahun 2023 ini total DD yang akan dikucurkan untuk 182 desa sebesar Rp147 miliar, sedangkan untuk ADD sebesar Rp54 miliar. DD digunakan untuk pembiayaan pembangunan fisik ditingkat desa. Sedangkan ADD untuk kebutuhan pembayaran gaji kades dan perangkat serta kebutuhan ATK di kantor desa.

 

Sumi mengatakan jika persyaratan pengajuan pencairan ADD lengkap. Maka BKD Seluma akan langsung memproses. Serta tidak akan dihambat pencairannya. Sebelumnya pencairan memang belum bisa diproses karena kasda belum siap. Namun saat ini kasda sudah siap memproses pencairan ADD.(adt) 

Sumber: