Tebat Dikeringi, Ribuan Warga Bengkulu Selatan Panen ikan

Tebat Dikeringi, Ribuan Warga Bengkulu Selatan Panen ikan

Panen ikan di Bengkulu Selatan--

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id - Ribuan warga nangguak (serok) ikan di Tebat desa Pagardewa kota Manna, paska dikeringi. Bahkan Sekda BS Sukarni ikut serta turun secara langsung bersama warga nangguak (serok) ikan untuk menggapai ikan menggunakan peralatan teradisonal.

 

"Dahulu tebat Pagardewa saat dikeringi, ikan yang ditangguak (serok) oleh warga sangat banyak namun sekarang sudah mulai habis karena tebat tersebut sudah bebas warga mencari ikan, sehingga tangkapan sedikit, tapi dahulunya warga dilarang gunakan jaring, dan diperbolehkan hanya menggunakan pancing sehingga setiap dikeringi tebat tersebut warga banyak mendapatkan hasil tangkapan ikan,"ungkap Sukarni, Kamis (1/5/2023).

 


--

Diakui Sukarni, pelarangan tangkap ikan di Tebat Pagardewa ini, dahulunya diurus oleh para orang tua atau yang dituakan namun karena merekah sudah banyak yang meninggal, tejadila kebebasan menangkap ikan. Harusnya itu tidak terjadi, sehingga saat pengeringan ikan seperti dilakukan ini, warga khususnya di Pagardewa dapat menikmati ikan dari tebat Pagardewa yang merupakan peninggalan pendahulu.

 

BACA JUGA:Ternyata Juga Untuk Ini!!! Foto Perpisahan Sekolah di Seluma Bengkulu Rp11 Juta..

"Teradisi tangguak ikan harus dilestarikan, ini menunjukan  ara positif dalam menjaga kekompakan dan mempersatu persaudaraan,"ucap Sukarni.

 

 

Untuk itu, peran warga dan Pemerintah desa sudah menjadi keharusan menjaga dan melestarikan tebat Pagardewa agar semakin lestari dan ekosistem ikan, seperti ikan gabus, betuk, sepat dan lain-lainnya tidak puna.

 

Sumber: