Sensus Pertanian 2023 Dimulai

Sensus Pertanian 2023 Dimulai

Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023 digelar, dilaksanakan di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan --

 
 
 
 
 
 
 
BENGKULU SELATAN - Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023 digelar, dilaksanakan di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (31/5/23). Adapun sensus Pertanian menjadi sensus pertanian ketujuh di Indonesia. 17 negara ikut serta melaksanakan sensus pertanian. Sensus pertanian dimulai dan digelar pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang. Kepala BPS Kabupaten Bengkulu Selatan Mohammad Fathan Romdhoni, S.S.T.,M.Sc, menyebut tujuan apel siaga ST 2023 untuk menggerakkan kesadaran, kesiapan dan komitmen jajaran petugas lapangan, pegawai BPS, dan masyarakat terhadap pelaksanaan ST 2023.
 
 
"Indonesia di bidang pertanian memegang peran penting. Sektor Pertanian memberikan kontribusi sebesar 11,77 persen terhadap perekonomian di Triwulan I 2023,  dan terbesar keempat setelah sektor Industri pengolahan, perdagangan, dan Pertambangan,"ucap Fathan Romdhoni, Rabu (31/5/2023).
 
 
 
Menurut Fathan Romdhoni, tujuan pelaksanaan ST 2023 adalah untuk menyediakan data struktur pertanian, untuk unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian. "Dengan pelaksanaan ST 2023 diharapkan mampu memberikan gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian di Indonesia sampai wilayah terkecil,"pungkas Fathan Romdhoni.
 
 
Lanjut Fathan Romdhoni, tahap paling penting dalam ST 2023 adalah pelaksanaan pendataan lengkap, seluruh jajaran BPS memberikan kontribusi maksimal dalam suksesnya pelaksanaan ST 2023. Sebab kegiatan ini bukan hanya milik tim Agro atau milik Kedeputian Produksi. ST2023  milik semua. Maka dari itu Mari kita kobarkan semangat untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023. Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Ir Susmanto MM siap untuk ikut berpartisipasi dan mendukung sensus pertanian 2023. "Kami siap mendukung suksesnya sensus pertanian,"demikian Susmanto.(yes)

Sumber: