St 2023 Juni Dimulai, 231 Petugas Diterjunkan

  St 2023 Juni Dimulai, 231 Petugas Diterjunkan

Kepala BPS Seluma, Novrizal, SE--

 
 
PEMATANG AUR, Radar Seluma Online,  -  Saat ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Seluma sudah membuka rekrutmen calon dan sudah mengumumkan Petugas Sensus Pertanian 2023.
 
Ada 231 orang yang dinyatakan lulus. Dan akan mulai bekerja pada bulan Juni atau bulan depan. Dengan rincian 181 petugas lapangan, 36 petugas pengawas, dan 14 koordinator lapangan.
 
Sebelum diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pendataan pada tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 31 Juli. Seluruh petugas pada tanggal 23 - 29 Mei akan diikutkan pelatihan petugas, yg terdiri dari 2 gelombang.
 
Masing - masing gelombang akan mengikuti pelatihan selama 3 hari. Tujuannya untuk memberi pemahaman konsep dan definisi terhadap apa yang akan mereka kerjakan di lapangan nanti.
 
 
"Satu kecamatan satu orang koordinator. Sehingga jumlahnya disesuaikan dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Seluma," kata Novrizal Kepala BPS Seluma. 
 
 
Peminat seleksi petugas Sensus Pertanian ini terbilang banyak hal itu karena gaji yang akan diterima juga terbilang besar yaitu Rp3,7 juta per bulan. Ditambah lagi dengan jaminan kesehatan selama dua bulan.
 
"Satu orang petugas Sensus Pertanian memiliki tugas untuk mendata 420 Keluarga. Mereka bekerja mulai bulan Juni hingga bulan Juli. Gajinya satu bulan Rp3.792.000 per bulan. Kalau dua bulan mereka menerima Rp7.600.000," sambungnya. 
 
 
Tujuan dilakukan Sensus Pertanian ini adalah untuk memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi Pertanian di Indonesia. Petugas Lapangan Pemutakhiran Wilkerstat ST2023 sendiri terdiri dari Petugas Pemeta dan Petugas Pengawas. Sensus Pertanian ini dilaksanakan setiap 10 tahun. Terakhir kali Sensus Pertanian itu pada tahun 2013. Dalam rekrut yang dilakukan saat ini, yang akan menjadi prioritas adalah yang mengetahui wilayah kerjanya dalam artian penduduk Kabupaten Seluma itu sendiri. 
 
 
Untuk yang akan dilakukan pendataan adalah seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Seluma. Dengan kuisioner meliput tentang Pertanian. Seperti yang diketahui hampir seluruh masyarakat Kabupaten Seluma bermata pencaharian sebagai petani.(adt)
 
 

Sumber: