Waspada Hujan, Petir dan Angin Kencang di Seluma

Waspada Hujan, Petir dan Angin Kencang di Seluma

Citra satelit--

 
 
SELUMA , Radar Seluma.Disway.Id,  - Masyarakat Bnegkulu khususnya masyarakat Kabupaten Seluma, dihimbau untuk dapat  waspada  terjadinya hujan, petir disertai angin kencang dalam beberapa hari ini.
 
Imbauan ini terkait dengan  peringatan dini yang dikeluarkan  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu.
 
 
 
 
Diperkirakan kondisi cuaca ini akan terjadi sejak Minggu (7/5) hingga Selasa (9/5) 2023.
 
Beberapa wilayah yang berada di Provinsi Bengkulu, termasuk Kabupaten Seluma berpotensi dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.
 
 
Dikatakan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu, Anang Anwar, bahwa timbulnya kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya belokan angin di Wilayah Bengkulu dan juga kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas. Serta labilitas udara yang cukup signifikan di atmosfer Bengkulu. 
 
 
 
 
Hampir semua kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma berpotensi hujan lebat disertai petir. Hal tersebut membuat pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk selalu dapat waspada. Dengan terjadinya perubahan kondisi cuaca.
 
 
"Hal inilah yang menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu, termasuk Kabupaten Seluma," sampainya. 
 
 
Dirinya juga mengatakan, bahwa selain waspada terhadap kondisi hujan. Masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Seluma juga diharapkan dapat selalu waspada dengan adanya potensi gangguan lainnya. Seperti Bencana Hidrometeorologi yang meliputi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan beberapa bencana lainnya.  "Itu sebua bisa dipicu akibat dari hujan lebat atau hujan yang berdurasi cukup lama," tegasnya. 
 
 
Dengan adanya hal tersebut, dirinya mengetahui kepada seluruh masyarakat. Agar tetap selalu waspada dan siaga atas segala ancaman dari alam yang akan terjadi, termasuk banjir.
 
 
"Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, masyarakat harus menghindari pepohonan yang mulai tua dan tinggi untuk mengindari resiko pohon tumbang. Serta hindari mandi di kawasan pantai, jika tidak ada aktivitas yang bersifat wajib sebaiknya dirumah saja," pungkasnya.(ctr)
 
 
 
 
 

Sumber: