Pendaftaran Dibuka, Belum Ada Partai Daftar Caleg ke KPU Seluma

Pendaftaran Dibuka, Belum Ada  Partai  Daftar Caleg  ke KPU Seluma

Komisioner KPU Seluma.--

 

 
 
PEMATANG AUR , Radar Seluma,. Disway.Id,  - Pada hari pertama pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma untuk Pemilihan Legisltif (Pileg) 2024, Senin (1/4) belum ada Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan calegnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma.
 
 
 
Parpol saat ini masih mempersiapkan persyaratan administrasi bakal calon untuk upload di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). 
 
 
 
 
"Hari pertama pendaftaraan, belum ada yang mendaftar. Untuk di Silon juga belum ada yang melengkapi dokumen pendaftaran Bacaleg," kata Henri Arianda, SP Komisioner KPU Seluma Divisi Teknis, kemarin. 
 
 
Dijelaskan Henri ada dua tahapan yang harus dilakukan Parpol untuk mencalonkan Caleg. Yang pertama mereka harus menginput dan melengkapi dokumen di aplikasi Silon. Setelah dokumen di Silon lengka barulah penyerahan hard copy atau dokumen fisik ke KPU. Dan diharapkannya juga agar berkas yang diupload di Silon sinkron dengan dokumen fisik yang diserahkan ke KPU.
 
 
 
 
"Kawan-kawan Parpol kemungkinan saat ini sedang dalam proses melengkapi dokumen yang hendak diupload di Silon," jelasnya. 
 
 
Dikatakan Henri usai menyerahkan dokumen pendaftaraan sesuai dengan teknis yang diatur oleh Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023, pimpinan Parpol menyampaikan konferensi pers. Dan dalam hal ini tempatnya akan disediakan oleh KPU.
 
 
"Setelah proses pendaftaran selesai kita fasilitasi untuk menyampaikan konferensi pers," terangnya.
 
 
 
Dalam hal penyerahan dokumen fisik, KPU sudah mengimbau kepada Parpol agar menginformasikan terlebih dahulu. Sehingga KPU nanti bisa mengatur jamnya sehingga tidak terjadi berbarengan antara dua Parpol ataupun lebih. Pengurus Parpol atau penghubung yang nanti akan menjadwalkan kapan akan mendaftarkan calegnya.
 
 
"Silakan nanti mereka yang menentukan.  Namun kita sudah sampaikan agar mereka menginformasikan ke kita supaya kita bisa mengatur waktunya," tutupnya.
 
 
Seperti yang diketahui bahwa pendaftaran Caleg dibuka tanggal 1 Mei sampai dengan 14 Mei.(adt)
 
 
 
 
 

Sumber: