Warga Minta Bumdesnya Diaudit, Inspektorat Seluma Ditunggu

Warga Minta Bumdesnya Diaudit, Inspektorat Seluma Ditunggu

Bumdes yang tutup--

 

 

TABA , Radar Seluma.Disway.Id,
Modal Bumdes yang berasal dari dana desa dipertanyakan warga  Desa Taba Kecamatan Talo Kecil.
 
Warga meminta pihak  Inspetorat Kabupaten Seluma, untuk turun langsung ke lokasi guna mengecek perkembangan usaha milik desa (Bumdes) tersebut.
 
Bumdes Desa Taba yang bergerak di alat-alat peetanian, dan alat-alat ATK, sudah sejak lama tidak berjalan bahkan gedung Bumdes tak difungsikan.
 
''Kami masyarakat mengharapkan kepada dinas terkait untuk menindak lanjuti Bumdes Desa Taba ini yang sampai saat ini tidak jalan, "terang warga Taba Hasikin, SH dikonfirmasi kemarin (30/74).
 
Dia menyampaikan bahwa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), ini sempat mendapat modal Bumdes yang dianggarkan pada tahun 2017 sebesar 100 juta. 
 
"Sampai sekarang modal Bumdes tidak berkembang.Sementara   pelaku - pelaku pengurus Bumdes tak bergerak lagi. Yang menjadi pertanyaan masyarakat modal Bumdes tersebut di anggarankan
melalui anggaran dana desa (DD) tahun 2017. Gimana mau berkembang Bumdes kalau tidak di jalankan, sementara barang dagangan seluruh barang kekayaan  Bumdes tidak ada lagi,'' jelasnya.
 
Hasikin mengharapkan  agar Bumdes ini dapat dijalan karena menjadi haraoan masyarakat.
 
Menurut Hasikin dengan mati suri Bumdes ini sehingga modal usaha milik desa yang dianggarakan oleh pemerintah dipertanyakan?
 
''Yang jadi pertanyaan itu kemana dana Bumdes tentu harus ada yang bertanggung jawab pengurus, pihak terkait maka sangat diharapkan adanya tim audit,''jelasnya (Apr)
 

Sumber: