Ini Dia Besaran Anggaran Pilkades di Seluma

Ini Dia Besaran Anggaran Pilkades di Seluma

Ilustrasi Pilkades--

 

radarseluma.disway.id Sebanyak 60 desa di Kabupaten Seluma saat ini sedang dalam masa persiapan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkdes) serentak yang rencananya akan diselenggarakan pada Juli 2023.

 

Untuk petunjuk teknis pelaksanaan Pilkades sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Seluma tentang Pilkades.

BACA JUGA:Ternak Lele dari DD Menghasilkan, Mulai Panen

 

Sedangkan di tingkat desa sejumlah desa sudah menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pembiayaan pelaksanaan di tingkat desa.

 

Pemerintah Daerah Seluma juga sudah menganggarkan Rp1 miliar untuk pembiayaan Pilkades yang di dalamnya juga termasuk anggaran untuk logistik Pilkades.

 

"Di dalam Perbup Pilkades secara rinci tidak disebutkan maksimal maupun minimal anggaran yang dianggarkan oleh pemerintah desa. Untuk anggarannya disesuaikan dengan keuangan dan kebutuhan desa setempat," jelas Nurpadliya, SH Kabag Hukum Setda Seluma.

BACA JUGA: Kasus OTT akan Ada Tersangka, Kejari Periksa 6 PPPK Dinkes

 

Meski tidak diatur secara rinci di dalam Perbup, sesuai dengan aturannya Pilkades dibebankan terhadap Alokasi Dana Desa (ADD). Yang menjadi kendala saat ini ADD terbatas karena digunakan untuk pembelian Alat Tulis Kantor (ATK), operasi, perjalanan dinas, dan juga pembayaran Penghasilan Tetap (Siltap).

Sumber: