Puluhan Ribu Warga Padati Cemoro Sewu

Puluhan Ribu Warga Padati Cemoro Sewu

--

KUNGKAI BARU - Momen Idul Fitri 1444 H memang tak ubahnya dengan lebaran Idul Fitri pada tahun tahun sebelumnya.

Bagi pedagan keaempatan mengais rezeki, dan masyarakat umum menjadikan momen lebaran untuk liburan keluarga ke tempat tempat wisata termasuk wisata cemoro sewu di Desa Kungkai Baru Kecmatan Air Periukan. Terpantau Radar Seluma di lokasi wisata cemoro sewu pengunjung yang memadati wisata untuk liburan keluarga datang dari berbagai daerah, bukan hanya dari seputaran Kecamatan Air Periukan, namun juga datang dari Kecamatan Sukaraja, Lubuk Sandi, Seluma Barat, kota Bengkulu dan kabupaten lainnya. Luasan area lebih dari 10 HA yang disesaki pendatang baik untuk berlibut ataupun pedagang. Pedagang tidak hanya menjajakan makanan, pakaian, mainan anak anak serta pedagang sayurpun ikut membuk lapak jualan.

Untuk lebaran Idul Fitri tahun ini Desa Kungkai Baru mulai membuka pundi pundi rupiah baru lewat wahana anak, tempat penitipan anak, serta dermaga mini yang diberi nama Dermaga Semoro Sewu. Dermaga yang sengaja dibuat oleh warga dengan bahan lokal seperti kayu atau oapan dan bambu dirakit menyerupai dermaga pelabuhan laut pada umumnya. Kemudian tempat penitipan anak dengan luasan lokasi sekitar 1/4 HA, dengan sarana permainan anak dan alas alas bermain dibawah rerindangan pohon cemara. Sehingga banyak para orang tua, pedagang yang menitipkan buah hatinya saat dia berjualan. Disamping itu di lokasi wisata juga dilengkapi dengan sarana ibadah seperti musolah dan wc walaupun darurat.

Kades Kungkai Baru Mahmudi saat ditemui membenarkan hal tersebut. "Momen lebaran tahun ini kami mempersiapkan fasilitas musolah dan wc darurat di lokasi wisata. Kemudian mambuat lokasi atau tempat penitipan anak yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan anak anak. Pengunjung tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya walaupun belum diketahui secara pasti angkanya baik kendaraan maupun individunya. Untuk ketertiban umum, Polres Seluma, dan Polsek Sukaraja membuka posko pengamanan di persimpangan wahana dan jalan menuju pantai, tidak ketinggalan pihak kesehatan atau medis bergabung di posko," terangnya kemarin (22/04). (mrs)

Sumber: