Parpol Perlu Tau, 1 Mei Mulai Daftar Bacaleg

Parpol Perlu Tau, 1 Mei Mulai Daftar Bacaleg

Komisioner KPU Seluma.--

 

 
PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.id,- Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma sudah menjadwalkan tahapan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten atau provinsi melalui rancangan Peraturan KPU yaitu pada tanggal 1 sampai dengan 14 Mei.
 
 
"Pendaftaran Bacaleg dari Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) ke KPU akan dimulai pada tanggal 1 sampai dengan 14 Mei. Sebagai persiapan kita sudah mengundang seluruh ketua atau perwakilan Parpol untuk menyampaikan tahapan penerimaan berkas Bacaleg," kata Henri Arianda, SP Komisioner KPU Seluma, kemarin.
 
 
Lalu pada tanggal 15 Mei sampai dengan tanggal 23 Juni akan dilakukan penelitian berkas administrasi Bacaleg.
 
 
"Untuk persyaratan dan teknisnya relatif sama. Tidak ada perubahan," sambungnya.
 
Oleh sebab itu KPU kembali mengingatkan kepada partai politik peserta pemilu agar dari sekarang sudah mulai mempersiapkan daftar Bacaleg. Dengan memperhatikan persyaratan pencalonan dan juga syarat calon."Kami harapkan partai politik harus sudah mempersiapkan calon anggota DPRD-nya," tuturnya. 
 
 
 
Lebih lanjut, pada Pemilu 2019  syarat untuk pendaftaran legislatif ada dua persyaratan pencalonan, yakni yang melekat pada Partai Politik (Parpol) dan syarat caleg yang melekat pada caleg.
 
 
Lalu kemudian, KPU harus menerima daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) 9 bulan sebelum pemungutan suara. Oleh karena itu, partai memiliki kesempatan menyerahkan bacalegnya pada 1-14 Mei 2023 atau selama 14 hari. 
 
 
Jadi 14 Mei jam 23.59 WIB sebagaimana ketentuannya maka pendaftaran Bacaleg akan ditutup yaitu pada malam hari.
 
 
 
Seperti yang diketahui sebelumnya tidak dapat dipastikan kapan jadwal pendaftaran Bacaleg di KPU. Hal tersebut lantaran ada perubahan jadwal karena KPU melalukan verifikasi faktual kembali terhadap Partai Prima sebagaimana putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.(adt)
 
 

 

Sumber: