Waspada Hujan Disertai Petir

Waspada Hujan Disertai Petir

--

SELUMA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca yang akan terjadi sejak Selasa (4/3), hingga besok (6/4).
 
Dimana, hasilnya yakni beberapa wilayah Provinsi Bengkulu termasuk Kabupaten Seluma berpotensi dilanda hujan berintensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang. 
 
Dari informasi yang diberikan BMKG, bahwa hampir semua kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma berpotensi hujan lebat disertai petir. Terutama di malam hari, yakni dari pukul 22.00 Wib hingga dini hari pukul 03.00 Wib. 
 
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Kota Bengkulu, Anang Anwar mengatakan, bahwa timbulnya kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya belokan angin di Wilayah Bengkulu dan juga kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas. Serta labilitas udara yang cukup signifikan di atmosfer Bengkulu. 
 
"Hal inilah yang menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu, termasuk Kabupaten Seluma," sampainya. 
 
Dirinya juga mengatakan, bahwa selain waspada terhadap hujan. Masyarakat Kabupaten Seluma juga diharapkan untuk sekalu waspada dengan adanya potensi lainnya. Yakni seperti Bencana Hidrometeorologi yang meliputi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan beberapa bencana lainnya. 
 
"Iya, bisa saja nanti dipicu akibat dari hujan lebat atau hujan yang berdurasi cukup lama," ujarnya. 
 
Dengan adanya hal tersebut dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan siaga atas segala ancaman dari alam yang akan terjadi, termasuk banjir. Masyarakat juga harus menghindari pepohonan yang mulai tua dan tinggi untuk mengindari resiko pohon tumbang, hindari mandi dikawasan pantai.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma, Mirin Najib, SH juga menghimbau, kepada masyarakat Kabupaten Seluma agar selalu waspada dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi saat ini.
 
Terutama untuk warga yang berada di bantaran sungai. Juga masyarakat harap menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga tidak menyebabkan musibah banjir. 
 
"Demi mempermudah masyarakat untuk berkontak langsung dengan BPBD apabila terjadi bencana. BPBD telah menyiapkan nomor Pusat Pengendalian Operasional dengan nomor kontak 08875787531," pungkasnya.(ctr)
 
 
 
 

Sumber: