Masyarakat Rawa Indah Produksi Bahan Skin Care

Masyarakat Rawa Indah Produksi Bahan Skin Care

--

AMPAR GADING - Salah satu masyarakat Desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo berhasil memproduksi biji Sacha Inchi menjadi minyak sebagai bahan pembuatan skin care.

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM  menyampaikan sudah melakukan pengecekan langsung ke Desa Rawa Indah. "Dia meminta untuk difasilitasi agar mendaftarkan produknya ke BPOM.

Kita cek langsung ke lokasi.

Memang betul ada yang produksi namun produksinya belum skala besar dan juga bahan pembuatannya yaitu kacang Sacha Inchi masih didatangkan dari luar daerah," kata Kabid Industri Disperindagkop Seluma Riswan, kemarin.

Dikatakan oleh Reswan warga Rawa Indah sudah berhasil menjual dan membuat minyak bahan skin care dengan harga yang lumayan.

"Untuk Sancha Inchi memang sudah mulai ditanam di Rawa Indah. Hanya saja belum mencukupi kebutuhan produksinya. Terkait dengan hasilnya memang sudah ada minyak untuk campuran skin care. Awalnya informasi yang kita dapat bahan utamanya adalah daun kelor," sambungnya.

Biji sacha inchi memiliki aktivitas sebagai antioksidan dengan kandungan senyawa kimia yaitu omega-3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin A, tanin, fitosterol, terpenoid, senyawa fenolik, dan terpenoid sehingga kandungan ini sangat cocok apabila digunakan untuk bahan campur kosmetik.

"Jadi mayoritas bahannya masih didatangkan dari Lampung dan luar daerah lainnya. Memang betul ada masyarakat yang berhasil membuat minyak dari Sacha Inchi," tutupnya.

Sumber: