Alasan Kenapa Banyak Penolakan Timnas Israel Berlaga di Piala Dunia U 20, Juni Mendatang..Ini Penjelasannya

Alasan Kenapa Banyak Penolakan Timnas Israel Berlaga di Piala Dunia U 20, Juni Mendatang..Ini Penjelasannya

--

Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia memicu pro dan kontra pasalnya banyak sekali yang menolak Timnas Israel beerlaga pada pergelaran Piala Dunia u-20. 

 

Sejumlah pihak menolak kedatangan Timnas Israel pada gelaran yang berlangsung 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

 

Namun sebaliknya banyak juga yang tidak mempermasalahkan keikutsertaan Israel pada piala dunia u-20 yang bergelar dibulan Juni mendatang 

 

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau yang dikenal akrab dengan nama Gus Yahya mempertanyakan gerakan sekelompok masyarakat menolak kehadiran Timnas Israel untuk berlaga pada Piala Dunia U-20 di Tanah Air.

 

Menurutnya tidak ada masalah jika Timnas Israel datang ke Indonesia. 

 

Ia menilai kedatangan Timnas Israel ke Indonesia tak merugikan posisi Palestina.

 

"Kalau kita cuma menolak Israel, 'Jangan datang!', habis itu tidur, apa gunanya buat Palestina? Enggak ada gunanya juga," kata Yahya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/3).

 

Yahya mengatakan hal yang harus dilakukan adalah menaikkan daya tawar Indonesia di kancah internasional.

 

Dengan demikian, Indonesia bisa membantu perjuangan Palestina dengan lebih baik.

 

Dia menyebut salah satu cara menaikkan daya tawar tersebut melalui gelaran Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, Yahya mendukung gelaran tersebut.

 

"Kita kembangkan positioning Indonesia melalui FIFA ini sehingga kita betul-betul mempunyai posisi moral yang meningkat untuk terus mengartikulasikan arah dari solusi Palestina," ujar dia.

Beberapa ormas Islam telah menggelar aksi unjuk rasa menolak kehadiran Timnas Israel. Beberapa kepala daerah juga menyatakan penolakan, di antaranya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Nonblok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi, ya kita ikut amanat beliau," ucap Ganjar di Semarang, Kamis (23/3).

Sumber: