Jangan Remehkan Penyakit TBC, Cek Kesehatan dan Segera Berobat

Jangan Remehkan Penyakit TBC, Cek Kesehatan dan Segera Berobat

Kabid Pencegahan penyakit Menular Dinas kesehatan Seluma, Riduwan--

PEMATANG AUR - Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Kabupaten Seluma mengatakan bahwa penyakit Tuberkulosis (TBC) atau TB di Kabupaten Seluma masih terjadi.

 

Penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri ini pada umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lainnya, seperti ginjal, tulang belakang dan otak. Penyebarannya melalui batuk dan bersin pada orang yang sudah terinfeksi.

 

Riduwan Kabid Penanggulangan Penyakit Menular (P2P) mengatakan untuk di Kabupaten Seluma sendiri masih menjadi perhatian kusus, akan tetapi untuk mengobati penyakit tersebut orang yang sudah terinfeksi harus rutin berobat. Untuk pengobatan sendiri datang saja ke faskes terdekat biayanya gratis.

 

" Kalau berobat penyakit TB haruslah rutin jangn sampai lalai karena masa pengobatannya rutin selama 3 bulan bahkan 6 bulan lamanya, akan tetapi apabila pasien tersebut berobat tidak rutin pengobatannya mulai dari awal lagi, penyakit ini bahaya dan menular jadi kita harus sadar kesehatan agar tidak tertular atau terinfeksi" kata Riduwan, Kamis (16/3).

 

Ditambahkannya penyakit TB sendiri membutuhkan diagnosis medis dan pada kebanyakan orang yang sudah terinfeksi tidak memiliki gejala langsung. Ketika gejala memang terjadi biasanya berupa batuk terkadang ada bercak darah, berat badan menurun, berkeringat dimalam hari secara berlebihan dan demam.

 

" Salah satu langkah mencegah TBC adalah dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin) atau kalau ada gejala ataupun sakit yang tidak pernah dialami langsung datang saja kefaskes terdekat agar bisa dicek medis" kata Riduwan. (ndo)

 

 

Sumber: